Sabtu, 26 Mei 2018

Keunggulan Bahan Granit dan Harga Keramik Granit

Saat ini penggunaan keramik merupakan salah satu primadona di dalam dunia desain interior sebab keramik yang diproduksi pada masa ini memiliki keanekaragaman baik dari segi bentuk, motif, dan harga. Sehingga penggunaan keramik dapat diterapkan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Saat ini keramik tidak hanya menggunakan tanah liat sebagai salah satu bahan utamanya namun telah berkembang dengan menggunakan berbagai macam bahan lainnya seperti bebatuan alami. Salah satu bahan batu yang digunakan adalah batu granit yang memiliki keunikan tersendiri. Meskipun harga keramik granit cenderung lebih mahal namun keramik dengan bahan dasar ini masih memiliki banyak peminat. Sebab granit sendiri merupakan salah satu batuan unik yang terbentuk dari proses mendinginnya magma. Pembentukan granit sendiri membutuhkan waktu yang cenderung lama dan bertahap sebab proses pendinginan magma membutuhkan tekanan suhu dingin yang ekstrim secara bertahap.

Dikarenakan granit merupakan salah satu batuan alami yang unik maka anda harus mengetahui ciri granit yang baik sebab saat ini telah banyak kecurangan yang dilakukan oleh produsen keramik karena memang bahan baku granit sendiri terbilang cukup mahal. Batuan granit sendiri sering disebut sebagai batuan granum yang secara bahasa berarti butir padi. Batu ini merupakan salah satu jenis batuan yang bersifat asam dimana proses pembentukannya secara alami terjadi di bawah permukaan bumi. Oleh karena itu para pakar geologi juga sering menyebut batu granit sebagai jenis batuan plutonik yang secara fisik biasanya memiliki warna abu-abu, putih atau perpaduan kedua warna tersebut. Di berbagai belahan negara pada umumnya batuan granit banyak ditemukan di sekitar pinggiran sungai, tepi pantai atau bahkan di dasar sungai. Selain memiliki sifat yang asam, struktur dari batuan granit atau granum ini juga terbilang sangat kuat sebab terdiri dari beberapa elemen dengan daya tahan yang tinggi seperti kwarsa, mika, dan feldspar. Oleh karena itu harga keramik granit memang terbilang lebih mahal dari jenis keramik lainnya.

Sebelum memantapkan hati untuk menggunakan keramik yang terbuat dari batu granit maka anda perlu mengetahui beberapa fakta menarik dari jenis bebatuan ini. Fakta pertama yang wajib anda ketahui bahwa seluruh jenis bebatuan granit pada umumnya terbentuk dari adanya dominasi bahan mineral alami. Sehingga tidak heran bahwa batu ini memiliki struktur dan kepadatan yang sangat tinggi. Sehingga jika diaplikasikan untuk membuat keramik maka dapat dipastikan keramik yang dihasilkan cenderung lebih kuat dan padat tanpa adanya pori-pori di struktur dalam keramik. Selain didominasi oleh kehadiran mineral, ternyata batuan granit hampir tidak pernah terbentuk dari bahan selain mineral. Karena di beberapa penelitian oleh pakar geologi hanya dua jenis mineral yang selalu ditemukan yakni kwarsa dan feldspar. Perpaduan dari kedua mineral ini pada umumnya akan menciptakan warna batuan granit yang terang. Sedangkan warna batuan granit yang cenderung gelap biasanya dipengaruhi oleh adanya bahan lain seperti hornblenda amfibol hitam dan mika biotit hitam. Karena keunikannya tersebut harga keramik granit cenderung lebih tinggi karena pembentukannya sendiri melalui proses kimiawi secara alami yang sangat lama dan rumit.

Penggunaan keramik granit sebagai salah satu pelengkap desain interior yang anda gunakan juga akan memberikan beberapa keuntungan untuk anda. Pertama keramik yang terbuat dari batuan granit dapat bertahan lama bahkan tanpa adanya perubahan pada warna dan permukaan keramik. Selain itu permukaan keramik granit juga memiliki ketahanan yang baik akan goresan, tidak licin di berbagai jenis sepatu, dan tidak mudah menyerap noda. Selain itu keramik yang berbahan granit pada umumnya akan terasa lebih dingin sebab memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap udara dingin. Sehingga harga keramik granit yang tersedia di pasaran saat ini berkisar antara 150 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah.
Keunggulan Bahan Granit dan Harga Keramik Granit Rating: 4.5 Posted by: Aggil Pondaag

0 komentar:

Posting Komentar