Perbedaan Warga Negara dan Bukan Warga Negara Serta Cara Menjadi WNI

Perbedaan warga negara dan bukan warga negara sangat erat hubungannya dengan pemerintah dan rakyat pada suatu negara. Di Indonesia dikenal ada dua jenis warga negara yaitu WNI atau warga negara Indonesia dan WNA atau warga negara asing. Keduanya ini mempunyai perbedaan yang signifikan, baik dari pengertiannya ataupun dari hak dan kewajiban yang harus dilakukan di Indonesia. Warga negara di Indonesia inilah yang disebut dengan WNI, sedangkan WNA bisa dikategorikan sebagai bukan warga negara. Untuk lebih jelasnya perlu diketahui berdasarkan pengertian atau definisinya.
ketentuan menjadi wni,perbedaan warga negara dan penduduk,pengertian,didasarkan atas,bukan penduduk,beserta contohnya,remaja bukan warga negara,

Warga negara sendiri diartikan sebagai warga yang tinggal secara menetap di wilayah Indonesia. Seorang warga negara Indonesia diakui kewarganegaraannya melalui undang-undang ataupun perjanjian. Selain itu juga bisa dengan melalui proses naturalisasi dengan syarat dan ketentuan tertentu yang sudah diatur dalam undang-undang. Berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia, seseorang dikatakan sebagai WNI jika memenuhi satu dari kelima syarat yang sudah ditetapkan. Syarat tersebut adalah penduduk asli Indonesia, keturunan warga asing dengan syarat ayah adalah WNI, istri dari WNI, anak yang dilahirkan di Indonesia, dan memutuskan untuk berpindah warga negara menjadi WNI dengan jalan naturalisasi.

Untuk syarat yang kelima yaitu menjadi WNI dengan naturalisasi tidaklah semudah yang dibayangkan. Seorang warga negara asing yang ingin menjadi warga negara Indonesia haruslah memenuhi 8 syarat untuk menjadi WNI. Syarat tersebut adalah:

1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
Ini adalah syarat yang utama, WNA yang ingin menjadi WNI usianya harus 18 tahun atau jika masih kurang 18 tahun syaratnya sudah menikah.

2. Tinggal di Indonesia 5 tahun berturut-turut
Untuk menjadi WNI minimal harus tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut tanpa pernah meninggalkan Indonesia atau 10 tahun tidak berturut-turut.

3. Sehat
Sehat di sini tidak hanya sehat jasmani saja tapi juga sehat secara rohani.

4. Bisa berbahasa Indonesia
Syarat yang lainnya untuk menjadi WNI adalah mampu menggunakan bahasa Indonesia. Minimal tahu dan sering menggunakan bahasa Indonesia dalam kesehariannya.

5. Tidak pernah terlibat kasus pidana
Ini syarat yang wajib dipenuhi, untuk menjadi WNI tidak boleh pernah terlibat kasus pidana dan mendapat sangsi pidana di Indonesia.

6. Tidak boleh berwarga negara ganda
Jika sudah menjadi WNI maka harus melepaskan warga negara yang sebelumnya dan tidak boleh memiliki dua warga negara.

7. Mempunyai pekerjaan
Harus sudah mempunyai pekerjaan tetap dan penghasilan tetap adalah syarat lainnya untuk menjadi WNI.

8. Membayar uang pewarganegaraan
Jika ingin menjadi WNI syarat yang terakhir adalah membayar uang pewarganegaraan yang nantinya akan masuk ke dalam kas negara.

Semua syarat ini harus dipenuhi agar bukan warga negara Indonesia bisa menjadi warga negara Indonesia. Bukan warga negara sering disebut dengan orang asing yang tidak di Indonesia tapi bukan WNI yang sah. Walaupun demikian, seorang warga negara asing harus tetap patuh dan tunduk terhadap peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Perbedaan warga negara dan bukan warga negara yang paling mencolok adalah pada hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh orang tersebut. Kategori WNA atau bukan warga negara Indonesia adalah semua orang asing yang tinggal dan bekerja di Indonesia.