Perbedaan Waktu Indonesia dan Jepang yang Unik

Perbedaan waktu Indonesia dan Jepang tergolong unik, negara yang dulu pernah menjajah Indonesia selama beberapa tahun ini ternyata mempunyai selisih waktu yang tidak terlalu lama bahkan salah satu zona waktu di Indonesia mempunyai waktu yang sama dengan Jepang. Perbedaan waktu yang tidak berbeda jauh dan hampir sama ini menunjukkan bahwa Jepang mempunyai letak yang tidak jauh dari Indonesia. Seperti yang diketahui Indonesia mempunyai 3 zona waktu yang berbeda dengan selisih yang tidak terlalu jauh yaitu WIB yang mempunyai UTC+7, WITA dengan UTC+8, dan WIT dengan UTC+9.
perbedaan waktu indonesia dan inggris,singapura,jerman,dengan spanyol,

Jepang sendiri mempunyai standar waktu yang sama semua untuk seluruh daerahnya yang disebut dengan JST atau Japan Standard Time. JST ini mengusung sistem UTC+9 dan tidak didukung oleh dylight saving time yang artinya Jepang tidak mengenal waktu yang berbeda ketika musim panas. Jika biasanya negara lain mempunyai waktu musim panas yang lebih panjang di siang hari tapi Jepang tidak mengenalnya. Semua musim waktunya sama tidak ada yang berubah. Di lihat dari UTC Jepang yaitu UTC+9 perbedaan waktu Indonesia dan Jepang tidak terlalu jauh bukan? Waktu di Jepang sama dengan waktu di Indonesia bagian timur atau zona waktu WIT yang menggunakan sistem UTC+9.

Jika diamati, berarti waktu Indonesia Barat atau WIB hanya mempunyai selisih 2 jam saja dengan Jepang. Artinya jika di Jakarta atau zona WIB pukul 8 pagi maka di Jepang masih pukul 6 pagi. Zona waktu WITA juga hanya berselisih satu jam dengan Jepang. Sangat unik bukan, perbedaan waktu Indonesia dan Jepang ini? Bisa dikatakan Indonesia dan Jepang tidak mempunyai perbedaan waktu yang berati. Jika Anda berkunjung ke Jepang maka tidak akan mengalami jet leg seperti kita bepergian jauh yang mempunyai zona waktu yang berbeda pula. Waktu yang hampir sama dengan Jepang ini membuat kita akan lebih mudah beradaptasi jika kita berkunjung ke Jepang.

Terlepas dari uniknya perbedaan waktu antara Indonesia dan Jepang, dalam penetapan waktu yang ada di Jepang sendiri juga terbilang unik. Pada awalnya, pemerintah Jepang menggunakan planetarium yang ada di kota Akashi untuk menentukan waktu di negara Jepang. Di Jepang juga terdapat observatorium yang ada di prefektur Hyogo, di sinilah terletak sebuah jam besar yang pada saat itu digunakan sebagai zona waktu Jepang. Sampai pada akhirnya jam besar ini rusak dan runtuh akibat bencana gempa di tahun 1995. Jam besar ini sebenarnya adalah sebuah hadiah dari perusahaan jam terkenal dunia yaitu Seiko.

Setelah keruntuhan jam besar ini, Jepang menggunakan sistem penentuan waktu yang baru dan jam yang bersejarah ini dijadikan sebuah pusaka yang diletakkan rapi di Planetarium Akashi. Sangat unik jika kita tahu awal mula dari penetapan zona waktu yang ada di Jepang ini. Jepang dan Indonesia mempunyai waktu yang tidak jauh berbeda tapi sangat berbeda dalam sejarahnya. Anda tidak perlu menghitung perbedaan waktu Indonesia dan Jepang terlalu sulit karena waktunya sama dengan WIT atau waktu Indonesia bagian timur yang meliputi daerah Papua dan sekitarnya.