Perbedaan Virus dan Bakteri yang Penting untuk Diketahui

Jika Anda penasaran mengenai apa saja perbedaan virus dan bakteri, simaklah ulasan berikut. Virus dan bakteri merupakan istilah yang sering Anda dengar. Pengertian dari virus sendiri adalah patogen yang non hidup dan juga aselular. Virus membutuhkan sel inang untuk melakukan reproduksi, namun sebagian besar dari virus tidak memberikan tujuan yang berguna. Sementara bakteri sendiri merupakan organisme berupa sel tunggal dari tumbuhan yang memiliki ukuran sangat kecil, sekitar 0,001 mm. Bakteri dapat menghuni di beberapa bagian tubuh, antara lain yaitu di kulit, usus dan mulut. 
perbedaan jamur dan bakteri,bakteri dan archaebacteria,

Langsung saja, berikut ini merupakan rangkuman mengenai perbedaan antara virus dan juga bakteri. Di antaranya yaitu:

- Struktur
Bakteri sebagian besar terdiri dari cincin DNA yang dikelilingi mesin seluler. Sementara virus terdiri dari sebagian materi genetik yang dikelilingi lapisan protein tipis. Namun, ada juga yang dikelilingi amplop tipis dan juga lemak.

- Penutup
Bakteri ditutupi oleh sebuah dinding sel, dimana dinding sel tersebut terdiri dari polisakarida, lipid dan protein. Sedangkan virus ditutupi oleh sebuah selubung yang terbuat dari protein, atau dikenal juga sebagai kapsid.

- Membran sel
Untuk bakteri, hadir tepat di bawah dinding sel sementara tidak terdapat membran sel untuk virus.

- Ukuran
Bakteri memiliki ukuran yang relatif besar, yaitu sekitar 100 kali ukuran virus. Sementara virus memiliki ukuran yang sangat kecil dibanding bakteri.

- Bentuk
Bakteri datang dalam 3 bentuk, di antaranya yaitu bentuk bola (kokus), batang (basil) dan juga spiral (spirella). Sementara virus datang dalam bentuk yang berbeda-beda, untuk yang berbentuk pesawat disebut dengan bakteriofag.

- Inang
Ini merupakan perbedaan yang paling mendasar antara bakteri dan virus yang dapat Anda ketahui. Bakteri dapat hidup dan berkembangbiak pada permukaan yang non hidup. Sedangkan virus haruslah memiliki inang agar dapat berkembangbiak. 

- Jenis
Bakteri adalah orgasme antar-sel, sementara virus merupakan orgasme intraselular. 

- Kegunaan
Beberapa bakteri memiliki kegunaan atau berguna bagi tubuh, namun tidak untuk virus. Semua virus berbahaya, bahkan antibiotik yang dapat membunuh bakteri tidak mampu membunuh virus.

- Penyakit yang disebabkan
Bakteri dapat menyebabkan penyakit antara lain TBC, kolera, infeksi Staph, tetatus, radang tenggorokan dan lain sebagainya. Sedangkan virus dapat menyebabkan penyakit HIV/AIDS, pilek, flu, hepatitis, campak, polio, cacar, ebola dan lain sebagainya.

- Reproduksi
Bakteri melakukan reproduksi melalui pembelahan biner, dimana bakteri dapat dibagi menjadi 2 sel. Sementara virus dapat bereproduksi dengan menyuntikkan diri ke sel hidup. 

Tidak semua bakteri dapat dibunuh atau diatasi dengan antibiotik biasa. Contohnya saja pada beberapa penyakit seperti pneumonia, diare, meningitis dan lain sebagainya. Sementara semua virus adalah berbahaya, tentu Anda harus berhati-hati dengan virus. Itulah yang dapat disampaikan mengenai perbedaan virus dan bakteri, semoga bermanfaat.