Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Lengkap dan Mudah Dipahami

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan di dunia desain grafis, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan Vektor dan Bitmap. Bekerja di dalam dunia desain grafis memang mengharuskan Anda untuk mengerti mengenai format-format gambar. Dimana Anda dapat memilih kualitas gambar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengetahui perbedaan antara Vektor dan Bitmap ini tujuannya agar Anda dapat mencetak gambar yang bagus dan berkualitas, tidak rusak ataupun blur. Anda dapat memilih gambar Vektor ataupun Bitmap sesuai kebutuhan setelah mengetahui perbedaan di antara keduanya.
Perbedaan Vektor dan Bitmap yang Lengkap dan Mudah Dipahami,

Vektor sendiri merupakan gambar digital, berbasis persamaan perhitungan matematis. Gambar Vektor memiliki kualitas yang bagus, ketika diperbesar atau diperkecil gambar tidak pecah. Ini karena Vektor merupakan gambar yang dibentuk dari gabungan titik dan juga garis yang membentuk sebuah objek. Sementara Bitmap adalah representasi dari citra grafis, terdiri dari titik-titik yang tersusun dan tersimpan di dalam memori komputer. Nilai setiap titik dari gambar Bitmap diawali oleh 1 bit data jika gambar tersebut adalah hitam putih, dan lebih jika gambar berwarna. 

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

1. Susunan
Gambar Vektor disusun objek geometris, dibuat berdasar atas perhitungan matematis. Sementara gambar Bitmap disusun objek, dimana objek tersebut disebut sebagai pixel. 

2. Sifat
Gambar Vektor memiliki sifat yang tidak dipengaruhi oleh resolusi, sementara gambar Bitmap dipengaruhi oleh resolusinya.

3. Gambar ketika di zion
Ketika di-zoom, gambar Vektor tidak akan pecah, rusak ataupun blur. Sedangkan gambar Bitmap jika di-zoom dan melewati batas toleransi maka gambarnya akan pecah dan rusak.

4. Ukuran
Jika gambar Vektor disimpan maka ukurannya relatif kecil, sementara gambar Bitmap memiliki ukuran yang relatif besar.

5. Kegunaan
Gambar Vektor cocok digunakan untuk ilustrasi, contohnya seperti logo dan desain lain yang mengutamakan kesederhanaan bentuk. Sementara gambar Bitmap dapat digunakan untuk gambar yang kompleks. Dimana ragam warna dan juga bentuk yang cukup beraneka ragam, contohnya yaitu foto hasil jepretan kamera.

6. Format penyimpanan
Format penyimpanan untuk gambar Vektor di antaranya yaitu AI, FH, CDR dan EPS. Sedangkan format penyimpanan untuk gambar Bitmap yaitu TIF, PSD, GIF, JPEG dan BMP. 

7. Aplikasi yang mendukung
Aplikasi atau program yang cocok digunakan untuk mengolah gambar Vektor yaitu Coreldraw, Macromedia Freehand dan juga Adobe Illustrator. Sedangkan aplikasi untuk mengolah gambar Bitmap yaitu AdobePhotoshop, MS Paint dan juga Corel Photopaint.

Dengan mengetahui format dan perbedaan diantara kedua gambar tersebut, Anda akan lebih mudah memahami kinerja keduanya. Dengan begitu Anda juga memilih format gambar sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah Vektor ataukah Bitmap. Pemilihan format gambar sesuai kebutuhan akan memaksimalkan Anda dapat mencetak gambar yang bagus dan berkualitas. Manfaatkan perbedaan Vektor dan Bitmap tersebut untuk memilih format gambar terbaik.