Perbedaan Unsur Senyawa dan Campuran yang Mudah untuk Anda Pahami

Bagi Anda yang masih belum paham mengenai perbedaan unsur senyawa dan campuran, Anda dapat menyimak ulasan berikut. Unsur, senyawa dan campuran merupakan 3 hal yang berbeda, tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sebelum membahas mengenai perbedaannya secara lebih terperinci, ketahui terlebih dahulu definisi masing-masing dari 3 hal tersebut. Yang pertama adalah unsur, unsur merupakan zat tunggal dimana zat ini sudah tidak dapat dibagi atau diuraikan lagi. Walaupun tidak dapat diuraikan lagi melalui reaksi kimia, unsur memiliki bagian terkecil yang disebut atom.
pengertian molekul,contoh unsur senyawa dan campuran,unsur senyawa dan campuran smp,ppt,soal,materi,kelas 7,ahmadchem perbedaan,

Selanjutnya adalah senyawa, senyawa merupakan zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi zat lain melalui reaksi kimia. Dimana zat yang terurai tersebut berbeda dengan zat pertama sebelum diurai. Senyawa juga memiliki bagian terkecil yang disebut dengan molekul, yaitu gabungan dari 2 atom atau lebih. Kemudian yang terakhir adalah campuran, campuran bukanlah senyawa karena memiliki sifat berbeda. Campuran merupakan gabungan dari 2 atau lebih jenis zat. Di dalam campuran, sifat komponen (campuran) tersebut tidak hilang. 

Contoh dari unsur yaitu emas, alumunium, perak, belerang, tembaga, karbon dan lain sebagainya. Kemudian contoh senyawa yaitu gula pasir yang dibakar, gula pasir akan menghasilkan zat baru yang berbeda dari sebelumnya. Hal tersebut merupakan reaksi dari proses kimia yang dilakukan yaitu berupa pembakaran. Sedangkan contoh dari campuran adalah air yang dicampur dengan garam. Jika dirasakan, maka air garam tersebut memiliki rasa asin layaknya rasa garam. Begitu pun air, jika digunakan untuk menyiram api tetap akan mati. Air dan garam dapat bercampur, sifat asli dari air dan garam tidak hilang. 

Lalu, apa perbedaan dari ketiga hal tersebut? Perbedaan tersebut sudah dijelaskan pada definisi dar ketiga hal tersebut. Namun untuk lebih jelasnya maka dapat dirangkum dalam uraian berikut ini. Ini dia perbedaan unsur senyawa dan campuran yang dapat Anda ketahui:

- Susunan
Unsur tersusun hanya dari 1 jenis atom saja, sedangkan senyawa tersusun lebih dari 1 unsur atom secara kimia. Sementara campuran terdiri lebih dari 1 unsur atau senyawa secara fisika.

- Jika diuraikan
Unsur tidak bisa diuraikan lagi menjadi suatu zat yang lebih kecil dengan menggunakan reaksi kimia sederhana. Sedangkan senyawa dapat diuraikan lagi menjadi unsur yang menyusun senyawa tersebut menggunakan reaksi kimia. Untuk campuran, campuran dapat dipisah menjadi zat yang menyusunnya secara fisika. 

- Perbandingan massa
Senyawa memiliki perbandingan massa yang selalu tetap dari unsur-unsur penyusunnya. Sedangkan campuran memiliki perbandingan massa yang tidak tetap untuk zat-zat penyusunnya.

- Sifat
Senyawa memiliki sifat yang berbeda dengan unsur-unsur yang menyusunnya. Sementara campuran memiliki sifat yang sama dengan sifat yang dimiliki zat penyusunnya.

Unsur, senyawa dan juga campuran memang berbeda, baik secara kimia ataupun secara fisika. Bagaimana? Apakah Anda sudah mulai paham mengenai perbedaan di antara ketiga hal tersebut. Sekian dan semoga ulasan mengenai perbedaan unsur senyawa dan campuran ini bermanfaat.