Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral Berserta Pengertiannya

Sebagai alat pembayaran, terdapat dua jenis uang yaitu uang kartal dan uang giral. Apa perbedaan uang kartal dan uang giral? Uang kartal adalah uang yang digunakan untuk alat pembayaran sehari-hari yang meliputi uang kertas dan uang logam. Uang kartal sendiri di Indonesia dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Kemudian uang giral adalah uang dalam bentuk surat berharga dan dapat diuangkan di lembaga keuangan tertentu. Lembaga yang ditunjuk ini adalah bank dan Kantor Pos. Uang giral dapat berupa cek, wesel, dan giro pos.
contoh uang kartal dan uang giral,perbedaan bank sentral dan bank umum,fungsi asli uang,manfaat menabung,contoh uang giral,

Terdapat sifat tertentu pada masing-masing jenis uang yang menjadi perbedaan uang kartal dan uang giral. Sifat dari uang kartal adalah semua orang memilikinya sebagai alat tukar dan alat pembayaran. Uang kartal yang berwujud kertas maupun logam ini beredar di masyarakat dengan mudah dan cepat. Kemudian sifat dari uang giral adalah tidak semua orang memiliki maupun mau menggunakannya. Biasanya orang-orang yang mempunyai kepentingan tertentu yang menggunakan jenis uang giral sebagai alat pembayaran atau alat tukarnya. Rekening dan tabungan juga termasuk uang giral dan dikeluarkan oleh Bank Umum.

Secara umum, orang-orang biasanya mengetahui jenis uang secara sempit, yaitu uang kertas dan uang logam saja sebagai uang tunai. Tetapi ternyata surat-surat berharga juga disebut uang. Pada dasarnya, pengertian uang sendiri adalah alat yang digunakan sebagai alat pembayaran barang dan jasa dan diterima secara umum. Terlepas dari pengertian uang, jenis-jenis uang, dan perbedaan uang kartal dan uang giral yang sudah Anda pahami tersebut, ternyata uang juga mempunyai beragam fungsi. Tahukah Anda apa saja fungsi uang? Fungsi uang adalah sebagai berikut:

• Sebagai alat tukar
Sebelum mengenal uang, masyarakat Indonesia mengenal sistem tukar-menukar barang secara barter, yaitu barang yang satu ditukar untuk mendapatkan barang lainnya. Setelah uang muncul, maka sistem pertukaran barang tersebut lebih mudah dan lebih teratur. Uang merupakan alat tukar yang sudah lebih modern.

• sebagai satuan hitung
Jika Anda mempelajari ekonomi, maka tidak akan terlepas dari pembahasan uang. Fungsi uang selanjutnya adalah sebagai satuan hitung. Apa yang disebut satuan hitung? Fungsi uang sebagai satuan hitung mengartikan bahwa uang merupakan satuan ukuran yang dapat digunakan untuk menentukan nilai suatu barang. Nilai suatu barang berbeda-beda dan dapat dinyatakan dengan jumlah uang tertentu.

Selain dua hal tersebut, uang juga mempunyai fungsi sebagai pengukuran pembayaran yang tertunda. Artinya uang dapat berfungsi dengan baik jika nilainya stabil dari waktu ke waktu. Uang juga dapat digunakan untuk menyimpan nilai. Seseorang dapat menabung untuk menyimpan uangnya yang dapat digunakan dimasa yang akan datang. Uang yang disimpan di bank adalah milik perseorangan yang dapat diambil kapan saja. Bank hanya sebagai lembaga yang memberikan jasa penyimpanan atau peminjaman uang. Tabungan sendiri juga merupakan jenis uang giral yang sewaktu-waktu dapat diuangkan menjadi uang kartal yang berupa uang kertas atau logam. Itulah ulasan mengenai uang dan perbedaan uang kartal dan uang giral. Semoga bermanfaat.