Perbedaan SLR dan DSLR Dari Segi Sistem

Pecinta fotografi pasti akrab dengan nama kamera DSLR dan SLR. Perbedaan SLR dan DSLR yakni terletak pada sistem kerja kedua kamera tersebut. Kedua kamera tersebut memang sering digunakan untuk melakukan sesi pemotretan. Meskipun perbedaannya hanya terletak pada sistem kerja akan tetapi fungsi utama kedua kamera tersebut sama yaitu untuk menghasilkan sebuah gambar dari obyek yang telah dipotret dengan pencahayaan yang terang dan tajam. 
lebih bagus slr atau dslr,kamera slr,perbedaan dslr dengan slr,mirrorless dan dslr,

Dalam dunia fotografi yang dikenal selama ini memang hanya kamera SLR dan kamera DSLR. Kedua kamera ini menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma maupun pentamirror untuk meneruskan sinar. Kamera SLR maupun DSLR sudah banyak dimiliki semua orang dan tidak hanya kalangan pecinta fotografi saja namun sudah mencakup wilayah umum. Pada umumnya, orang memiliki kamera ini hanya untuk mengabadikan momen istimewa. Pada saat ini yang banyak diminati adalah kamera DSLR, dan tidak semua orang mengetahui perbedaan kamera DSLR dan kamera SLR. Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan kamera ini, sebaiknya Anda simak paparan di bawah ini.

Meskipun pada dasarnya fungsinya sama namun juga terdapat perbedaan antara kamera SLR dan DSLR. Nah apa saja perbedaan SLR dan DSLR, mari kita simak berikut ini.

1. Kamera SLR
Kamera SLR merupakan singkatan dari singlet lens reflez atau yang berarti hanya memakai lensa tunggal. Pada SLR cahaya yang disalurkan oleh satu lensa ke dua tempat yaitu focal plane dan view binder. Sehingga dengan menggunakan sistem itu, maka jepretan foto yang dihasilkan pada layar akan sama persis dengan obyek yang difoto. Dengan demikian seorang fotografer dapat memastikan pengambilan gambarnya sudah sesuai atau belum. Pada kamera SLR, obyek jepretan foto akan disimpan padan gulungan film karena sistem kamera ini menggunakan sistem elektronik sederhana. Sehingga untuk melihat fotonya harus dicuci dan dicetak.

2. Kamera DSLR
Kamera DSLR merupakan singkatan dari digital lens refleks. Jika menggunakan kamera ini, untuk memperoleh hasil yang bagus harus memusatkan titik fokus, tujuannya agar gambar yang dihasilkan tajam. Kamera DSLR bekerja secara otomatis dalam menyimpan gambar, sehingga gambar dari hasil jepretan langsung tersimpan otomatis di dalam memory card dan tidak perlu khawatir karena gambar akan muncul pada layar. Dengan begitu, kita dapat menghapus atau menyimpannya sesuai kehendak pemakai.

Nah, itulah perbedaan kamera SLR dan kamera DSLR yang sangat jauh berbeda. Jika Anda mempelajari secara seksama penjelasan tersebut, pasti akan menemukan beberapa perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan SLR dan DSLR terletak pada sistem kerja dan media penyimpanan. Jika pada kamera SLR sistem kerjanya secara elektronik sederhana karena media penyimpanan gambar langsung disimpan pada gulungan film 35 MM serta untuk melihat hasilnya harus dicuci dan dicetak. Sedangkan pada kamera DSRL, sistem kerjanya sudah otomatis sehingga hasil foto langsung disimpan dalam memory card dan hasilnya bisa dilihat pada layar. Bagi Anda yang suka mengedit pencahayaan, Anda bisa juga mengedit pencahayaan, menyimpan dan menghapusnya.

Demikian paparan pengetahuan mengenai perbedaan kamera SLR dan DSLR yang terletak pada sistem kerja dan memori penyimpanan data. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda sekaligus dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan untuk mengetahui apa saja perbedaan SLR dan DSLR.