Perbedaan Save dan Save As Pada System Komputer

Anda sudah tahu perbedaan Save dan Save As pada software saat mengoperasikan komputer? Mungkin kita sudah sering menerapkannya, tetapi belum mengetahui apa arti dan maksudnya. Ketika kita sedang membuat dokumen Microsoft Word, Correl Draw maupun program lainnya dalam komputer kita bisa menemukan pilihan menu Save dan Save As. Dilihat dari fungsinya, tentu kita bisa tahu kalau menu tersebut merupakan pilihan untuk menyimpan dokumen yang kita buat. Tapi Apakah Anda juga sudah tahu secara definisi dari menu Save As dan Save tersebut? Jika belum, mari kita bahas satu persatu dan mencari perbedaannya supaya nanti tidak salah pilih Save atau Save As pada saat mengoperasikan software.
Perbedaan Save dan Save As Pada System Komputer,

Pengertian Save Pada Program Komputer
Berdasarkan ilmu komputer, menu Save merupakan pilihan menyimpan dokumen atau file yang sudah tersimpan sebelumnya. Misalnya kita pernah menyimpan file office dengan nama file “LAPORAN” kemudian beberapa hari kita membuka file tersebut dan menambahkan data maka ketika kita akan menyimpan cukup dengan klik menu Save tersebut. Pada saat Anda menjalankan program pertama kali kemudian menyimpannya, Anda bebas memilih Save atau Save As untuk menyimpannya. Dengan demikian, untuk jenis file baru perbedaan Save dan Save As sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Saat pertama kali ini Anda dianjurkan untuk sering menyimpan file supaya tidak hilang, karena bisa saja komputer mengalami hang atau mati karena arus listrik putus.

Pengertian Save As Pada Program Komputer
Jika pada menu Save merupakan pilihan menyimpan pada file yang sudah pernah dibuka, maka untuk menu Save As merupakan kebalikan dari Save. Ketika Anda membuka program dan memulai membuat dokumen maka pada saat Anda akan menyimpan data pilihan menu yang muncul adalah menu Save As. Pilihan Save As inilah yang mewajibkan Anda mengisi nama file dengan nama yang sesuai keinginan Anda, kemudian klik OK untuk menyimpan. Anda harus mengingat-ingat nama file yang Ada simpan supaya Anda mudah membuka kembali ketika Anda akan menambahkan data atau file lama Anda. Save As juga bisa digunakan untuk menyimpan data lama kemudian diberi nama file baru.

Dari pengertian diatas, kita bisa mengetahui perbedaan kedua pilihan menu tersebut di lihat dari fungsi dan cara kerja Save dengan Save As. Secara garis besar perbedaannya adalah Save merupakan pilihan menyimpan file atau dokumen pada sebuah file yang sudah tersimpan, sedangkan Save As merupakan pilihan menyimpan pada lembar kerja dokumen baru. Demikianlah sedikit ulasan untuk mengetahui perbedaan Save dan Save As, untuk cara memilih Save dan Save cukup mudah sekali, klik menu utama maka akan muncul pilih Save atau Save As. Anda juga bisa menggunakan jalan pintas pada keyboard dengan tombol Ctrl + S.