Perbedaan RNA dan DNA Pada Tubuh Makhluk Hidup

Pada makhluk hidup yang ada diseluruh dunia pasti memiliki RNA dan DNA. Nah, tahukah Anda apa perbedaan dari RNA dan DNA pada makhluk hidup. Tak hanya pada manusia, RNA dan DNA juga dimiliki oleh hewan juga tumbuhan. Antara DNA dan RNA ini sama-sama mengandung sebuah zat yang bisa memberikan identitas yang rinci tentang makhluk. DNA dan RNA biasanya saling berhubungan dan sama dengan orang terdekat dalam sebuah keluarga seperti orang tua. Oleh sebab itu, pada masa sekarang DNA sering kali digunakan sebagai penentuan identitas pada orang hilang dan korban bencana.
tabel perbedaan dna dan rna,perbedaan dna dan rna pdf,antara,struktur,virus,perbedaan nabi dan rasul,

Untuk perbedaan dari RNA dan DNA bisa diawali dari lokasi dan tempat keberadaannya. Dimana letak RNA ini terdapat pada inti, sitoplasma serta ribosoma. Berbeda dengan DNA yang hanya terdapat pada sebuah inti sel. Bentuk dari RNA biasanya juga hanya berupa rantai tunggal. Ukuran RNA juga tidak panjang berbeda dengan DNA yang jauh lebih panjang. Pada DNA bentuknya juga masih berbentuk seperti rantai. Untuk bisa melihat bentuk dari DNA dan RNA itu sendiri haruslah menggunakan alat dan metode khusus selain dalam tubuh RNA dan DNA juga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selain itu pada RNA juga memiliki hubungan bersama dengan sintesa protein. Sedangkan untuk FNA ini memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan sintesa protein dan keturan serta pengendaliannya. DNA akan selalu diturunkan oleh salah satu orang tua dan akan terus berlanjut hingga makhluk tersebut juga menjadi orang tua. Perbedaan lainnya adalah pengaruh sintesa protein yang terjadi di RNA namun tidak terjadi pada DNA. Oleh sebab itu, meski terjadi apapun pada makhluk tersebut akan sangat sulit untuk membuat DNA bisa berubah.

Perbedaan dari RNA dan DNA lainnya adalah adanya kandungan basa yang berbeda. Meski keduanya memiliki kandungan Primidina Sitosic C, namun antara DNA dan RNA memiliki kandungan Urasail yang berbeda. Dimana RNA mengandung Urasil U dan DNA mengandung Timin T. Kandungan basa lainnya adalah Guanina G dan Purina Adenina A. Kandungan ini sama dimana keduanya antara RNA dan DNA sama-sama memiliki kandungan tersebut. Sedangkan kandungan gulanya untuk RNA adalah gula Petonsa (ribosa). Berbeda dengan DNA memiliki jenis gula Geoksiribosa yang merupakan ribosa yang masih kekrangan oksigen 1 atom.

Itulah beberapa perbedaan dari RNA dan DNA dimana antara kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang cukup jauh. Meski demikian, antara RNA dan DNA juga memiliki kesamaan salah satunya adalah pada kandungan basanya. Perbedaan lain dari kedua hal ini adalah DNA yang bisa dijadikan sebagai media untuk menentukan identitas seseorang yang lama hilang atau seorang korban kecelakaan. Berbeda dengan RNA karena RNA bisa berubah maka tidak bisa dijadikan media penentuan identitas.