Perbedaan RAM dan ROM Dalam Sistem Komputer

Sekarang ini semakin banyak pengguna komputer namun mereka belum mengetahui apa perbedaan RAM dan ROM. Dalam sebuah komputer dibutuhkan sebuah RAM dan juga ROM untuk melakukan berbagai operasi komputer yang dijalankan. Selain adanya hardisk dan juga tentunya prosessor sebuah komputer juga harus dilengkapi dengan RAM dan juga ROM. Tanpa adanya salah satu dari benda ini bisa berakibat pada komputer yang tidak bisa dijalankan bahkan tidak bisa dinyalakan. Oleh sebab itu, dalam sebuah komputer kedua hal ini wajib hukumnya untuk juga diselipkan.
kelebihan dan kekurangan harddisk,perbedaan primary storage dan secondary storage,ram dan rom android,hardisk,ddr2 dan ddr3,

Fungsi RAM dan ROM dalam komputer sendiri adalah sebagai media penyimpan data sementara pada sebuah proses komputer. Jadi, dalam setiap program yang dijalankan pada sebuah komputer ini pasti memerlukan transfer data agar program bisa berjalan. Nah, RAM dan ROM inilah yang memiliki peran untuk menyimpan data dalam sebuah program yang sedang berjalan. Dengan semakin besarnya jumlah RAM yang digunakan pada sebuah komputer maka akan semakin baik pula kinerja dari komputer tersebut. Untuk perbedaan RAM dan ROM sendiri Anda bisa simak ulasan berikut.

Pertama adalah RAM, RAM merupakan sebuah media penyimpan data sementara dalam komputer yang hanya bisa bekerja jika komputer teraliri listrik atau menyala. Data yang ada dalam RAM juga hanya bersifat sementara. Dengan demikian jika program dihentikan atau komputer dimatikan maka sebuah data yang ada pada RAM akan terhapus dan tidak bisa muncul kembali saat komputer menyala. Rata-rata RAM pada komputer juga dibuat dengan jenis Intergrated Sircuit atau IC dan biasanya dipasang secara terpisah dari mainboardnya. 

Sedangkan untuk jenis ROM itu merupakan sebuah media penyimpan data yang bersifat permanen. Bahkan ROM bisa bekerja meski dalam kondisi komputer yang mati. Salah satu jenis ROM adalah ROM bios. ROM bios ini berfungsi sebagai media untuk menyimpan data berupa profil pengguna komputer dan juga waktu atau tanggal. ROM juga biasanya hanya berisikan program sistem bawaan dari pabrikan komputer. Pada masa sekarang ROM juga banyak yang menggunakan jenis Integrated Sircuit dengan demikian ROM akan langsung terpasang pada mainboard dan tidak bisa dilepaskan kembali. 

RAM dan juga ROM adalah dua buah hardware yang hampir sama penggunaannya dalam sebuah operasi komputer. Namun sebenarnya antara kedua hal ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Fungsi dari RAM pada intinya adalah media transfer dan penyimpan data sementara ketika pengguna komputer menjalankan suatu aplikasi. Sedangkan untuk ROM sendiri adalah media untuk menyimpan data paling mendasar dalam sebuah program komputer. Dengan demikian, ROM ini akan langsung bekerja begitu komputer dinyalakan dan menayangkan pengaturan bios dari komputer tersebut. Perbedaan RAM dan ROM tentunya sangat jelas berbeda akan tetapi kedua hal ini adalah hal terpenting dalam sebuah komputer. Tanpa adanya dual hal ini maka komputer tidak akan bisa bekerja.