Perbedaan Quad Core dan Dual Core Dalam Komputer

Pada masa sekarang ada dua jenis prosesor komputer yang sangat diminati yakni quad core dan dual core. Seperti apakah perbedaan quad core dan dual core dalam prosesor komputer tersebut. Sebelum membahas perbedaannya sebaiknya kita bahas tentang apa itu prosesor terlebih dahulu. Prosesor adalah sebuah inti dari komputer yang berfungsi sebagai otak. Semua kerja yang dilakukan melalui komputer akan diproses terlebih dahulu dalam prosessor baru bisa ditampilkan pada sebuah layar. Prosessor sendiri ada banyak jenis mulai dari single, dual, hingga octa core.
perbedaan quad core dengan dual core,beda dual core dan quad core,

Mungkin Anda belum mengerti untuk apa istilah core yang ada pada sebuah prosessor. Dalam sebuah prosessor ini juga memiliki inti yang memiliki tugas terpenting dalam pemrosesan komputer. Secara tidak langsung core adalah otak utama dalam prosessor. Dengan jumlah core yang semakin banyak maka kinerja komputer akan semakin baik. Oleh sebab itu, prosessor sekarang menggunakan istilah dual core dan seterusnya yang dijadikan sebagai penanda jumlah inti yang ada pada prosessor tersebut. Jika Anda sudah tahu mengenai apa itu core mungkin sekarang Anda sudah bisa membedakan apa itu core dan juga jumlahnya. 

Sekarang untuk perbedaan quad core dan dual core itu sendiri sudah jelas yakni terdapat pada jumlah inti dari prosessor. Jika pada prosessor dual core menggunakan dua inti prosessor. Sedangkan untuk prosessor quad core menggunakan empat inti prosessor. Karena menggunakan jumlah inti prosessor yang lebih banyak tentu saja tingkat kinerja prosessor quad core akan lebih baik. Dengan lebih banyak jumlah inti prosessor atau core maka kerja operasi dalam komputer bisa dibagi lebih banyak sehingga kinerja komputer menjadi lebih ringan. Meski demikian, dengan prosessor dual core juga sudah cukup baik karena kerja komputer akan dibagi dalam dua inti prosessor.

Kecepatan operasi prosessor quad core juga lebih baik dari prosessor dual core. Kecepatan ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kinerja komputer. Jika kecepatan prosesor semakin baik maka baik pula kinerjanya. Oleh sebab itu, sekarang semakin berkembang prosessor yang memiliki kecepatan tinggi dan jumlah core yang baik. Kecepatan untuk prosessor quad core dari salah satu produsen prosessor ternama adalah 2,6 GHz untuk setiap corenya. Dengan demikian jika dijumlahkan maka kecepatan prosessor tersebut adalah sekitar 10 GHz. Sedangkan untuk dual core ada sekitar 2.9 GHz atau jumlah seluruhnya adalah 5.4 GHz untuk satu buah prosessor dual core.

Perbedaan quad core dan dual core yang utama sebenarnya ada pada jumlah core yang digunakan pada setiap prosessor. Dengan jumlah prosessor yang lebih banyak maka kinerja komputer akan lebih ringan. Selain itu, semakin banyak komputer maka kecepatan transfer juga semakin baik dengan demikian akan banyak game berat yang bisa dimainkan. Penggunaan core pada sebuah prosessor sangatlah penting karena dalam core atau inti prosessor inilah sebuah proses operasi dilakukan sehingga bisa ditampilkan pada sebuah layar.