Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Makhluk hidup

Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup bisa kita kaji dari pengertiannya. Secara ilmiah, pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda, namun memiliki arti yang hampir sama. Keduanya sama-sama terjadi perubahan, namun tumbuh secara umum sering kita samakan artinya dengan perubahan dengan pergerakan keatas, sedangkan perkembangan sering kita artikan sebagai perubahan tubuh yang terjadi dengan gerakan ke samping. 
perbedaan pertumbuhan dan perkembangan manusia,ekonomi,pada tumbuhan,persamaan,primer dan sekunder,dalam psikologi,anak,faktor yang mempengaruhi,

Namun, arti sebenarnya pertumbuhan bisa diartikan sebagai proses bertambahnya tinggi, volume atau massa pada tubuh suatu makhluk hidup yang bisa dihitung dengan menggunakan angka, atau bersifat kuantitatif. Sehingga pertumbuhan bisa dilihat secara fisik yang ada pada tubuh makhluk hidup. Apabila terjadi penambahan jumlah sel yang membelah maka proses pertumbuhan akan terjadi. Dan pertumbuhan bisa terjadi dalam kurun waktu tertentu, sehingga akan ada titik dimana makhluk hidup tidak bisa lagi bertumbuh atau terhenti pertumbuhannya.

Sebagai contoh pertumbuhan yang terjadi pada makhluk hidup ini adalah bertambahnya daging pada badan seseorang atau pada hewan. Sedangkan pada pohon atau tanaman bisa kita lihat dengan adanya pertambahan tinggi dan penambahan jumlah daun dan sebagainya.

Sedangkan yang dimaksud dengan perkembangan yaitu proses yang terjadi karena adanya peningkatan kedewasaan untuk menjadi makhluk yang lebih sempurna seutuhnya. Proses ini bersifat kualitatif atau tidak dapatkan disimbolkan atau dinyatakan dengan jumlah angka, namun bisa dilihat dari fungsinya. Dan semua makhluk hidup mengalami hal ini. Pada proses ini tidak ada batasan usia, sehingga proses perkembangan akan terjadi secara terus menerus seiring dengan pertambahan usia yang ada.

Sebagai contoh adanya perkembangan adalah proses dewasa pada seorang bayi, saat dilahirkan ia tidak bisa melakukan apa-apa sehingga ia mampu berjalan, berkata-kata, dan berpikir secara lebih dewasa dan sempurna. Dari pengertian tentang perkembangan dan pertumbuhan ini, maka bisa kita tarik kesimpulan tentang perbedaan antara keduanya yaitu: 

1. Secara sifat, pertumbuhan memiliki sifat kuantitatif sehingga bisa digambarkan atau dinyatakan dengan menggunakan bilangan. Sedangkan perkembangan memiliki sifat kualitatif sehingga tidak dapat digambarkan dengan menggunakan bilangan atau angka-angka.

2. Pertumbuhan bisa dilihat dari keadaan fisik yang semakin besar, tinggi, berat dan lain-lain, sedangkan perkembangan akan terlihat dari sisi yang berbeda. Yaitu terlihat dari sifat dan kemampuan makhluk hidup untuk melakukan hal yang lebih baik dan lebih sempurna dari sebelumnya.

3. Dalam prosesnya, pertumbuhan memiliki batasan usia, sehingga akan ada waktu dimana makhluk hidup tidak bisa lagi tumbuh atau pertumbuhan akan terhenti. Sedangkan dalam proses perkembangan tidak akan ada batasan usia, sehingga makhluk hidup akan terus melakukan proses perkembangan seumur hidupnya.

Nah, demikianlah tadi perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup, semoga bermanfaat.