Perbedaan Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Sebuah Laporan

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif biasanya bisa kita jumpai pada laporan-laporan penyusunan skripsi. Penelitian ini sangat penting untuk dilakukan untuk mendapatkan data atau kebenaran pada sebuah laporan. Sehingga sebuah laporan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan memiliki isi sesuai dengan kenyataan yang ada. Selain dari itu, kita juga bisa mendapatkan solusi yang bagus dan tepat sasaran setelah melakukan penelitian dengan benar.
contoh penelitian kualitatif dan kuantitatif,perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif pdf,menurut para ahli,doc,beserta contohnya,menurut sugiyono,ppt,

Dalam dunia pendidikan, kita tidak bisa mereka-reka saja tentang kebenaran sebuah ilmu pengetahuan, sehingga penelitian akan terus dilakukan dan diupayakan. Sehingga peserta didik tidak merasa ragu dan kesalahan serta kesimpangsiuran bisa ditekan seminimal mungkin. Ketika dilakukan sebuah penelitian, maka akan terjadi hubungan empirik dengan teori yang sudah ada. 

Adapun pengertian dari penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengungkap gejala holistik-kontekstual dengan cara mengumpulkan data dari tempat yang alami, dan yang bertindak sebagai instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Dalam penggunaannya penelitian kuantitatif ini bersifat deskriptif dan biasanya dilakukan dengan menggunakan analisis pendekatan induktif. Sedangkan hal yang paling ditonjolkan dalam penelitian ini yaitu proses dan makna. Biasanya susunan dibuat dalam bentuk narasi dan tulisan tersebut memiliki sifat kreatif, detail, natural, dan otentik. Penelitian kuantitatif selalu menitikberatkan pada pengukuran dan juga menganalisis hubungan sebab akibat yang terjadi pada berbagai macam variabel.

Sedangkan hubungan kualitatif adalah sebuah penelitian yang biasanya menggunakan pendekatan deduktif induktif. Pendekatan bisa dilakukan dari kerangka teori, ide yang didapatkan dari para ahli atau bisa juga diangkat dari pengalaman peneliti sendiri. Kemudian pengalamannya ini dikembangkan menjadi beberapa permasalahan beserta jalan pemecahannya. Setelah itu, permasalahan serta jawabannya ini diajukan dengan tujuan akan memperoleh verifikasi atau pembenaran yang didapatkan dalam bentuk data empiris pada laporan.

Sedangkan penekanan penelitian kualitatif ini terjadi pada proses yang dilakukan dan makna yang belum diukur atau tidak dikaji ketat. Pada prosesnya biasanya akan terjadi hubungan yang erat antara peneliti dan pihak yang diteliti, situasi yang terbentuk akan menjadikannya sebuah situasi penyelidikan, muncul pengalaman sosial dan maknanya.

Sedangkan perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif antara lain:

1. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan mengambil jarak antara peneliti dengan obyek yang sendang diteliti. Sedangkan penelitian kualitatif dilakukan dengan terjadinya penyatuan situasi dan fenomena yang diteliti dengan peneliti.

2. Penelitian kuantitatif melihat realitas sebagai tunggal, teramati dan konkret. Namun kualitatif melihat realitas ganda atau majemuk.

3. Peneliti kuantitatif tidak terikat dengan ikatan konteks dan waktu, sedangkan pendekatan kualitatif terikat dengan konteks dan waktu.

4. Pendekatan kuantitatif melihat secara obyektif tentang segala sesuatu, bebas nilai serta bersifat apa adanya. Namun pendekatan kualitatif tidak pernah melihat segala sesuatu bebas nilai, karena bagi tidak ada yang bebas nilai bagi pendekatan kualitatif dan ini juga termasuk pada peneliti yang subyektif.

Demikian perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif ini, semoga Anda sudah cukup paham dengan penjelasan tadi.