Perbedaan Penduduk dan Bukan Penduduk Di Negara Indonesia

Perbedaan penduduk dan bukan penduduk selalu ada di sebuah negara, termasuk Indonesia. Pasalnya kedua golongan masyarakat ini adalah sebagian dari rakyat di sebuah negara. Kedua golongan ini menempati sebuah negara dan melakukan kegiatan yang sama. Seperti penduduk asli, bukan penduduk juga menempati negara tertentu dalam waktu yang lama, dan bahkan ada juga yang mengakhirkan hidupnya di negara Indonesia. 
perbedaan warga negara dan bukan warga negara,pengertian warga negara dan bukan warga negara,

Penduduk juga bisa berasal dari negara lain yang mana penduduk tersebut telah berada di Indonesia dalam waktu yang sangat lama, bahkan mungkin dari ia dia dilahirkan atau bahkan dari keturunannya sebelumnya, sehingga memiliki keturunan lagi. Ini seperti pada penduduk berketurunan India, Arab, atau China yang bukan merupakan penduduk pribumi namun telah berada di Indonesia dalam waktu yang cukup lama dan menjadi penduduk Indonesia

Sebelum kita sampai pada perbedaan penduduk dan bukan penduduk ada baiknya kita mengetahui pengertian kedua hal tersebut. Bukan penduduk bisa kita artikan sebagai seseorang yang berasal dari penduduk atau negara lain dan bertempat tinggal di Indonesia dengan mendiami wilayah Indonesia, tapi hanya tinggal untuk sementara waktu saja atau tidak berniat untuk menetap di Indonesia. Contoh yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari-hari adalah turis mancanegara yang melakukan perjalanan atau liburan di Indonesia, kuliah di Indonesia, melakukan bisnis di Indonesia lalu segera kembali ke negara asalnya.

Sedangkan penduduk bisa kita artikan sebagai setiap orang yang berdomisili di Indonesia atau suatu wilayah dan berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, dan biasanya penduduk adalah orang yang tumbuh dan lahir dari negara lain. Atau bisa juga karena adanya hubungan pernikahan dan urusan lain yang mengharuskannya menetap di Indonesia atau negara lain. Dan penduduk di Indonesia diwajibkan untuk memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) ketika seseorang telah mencukupi untuk memilikinya yaitu ketika ia menginjak usia 17 tahun. 

Apa kegunaan dari KTP? Anda sangat membutuhkannya untuk melakukan banyak hal, selain itu juga menandakan bahwa seseorang telah sah menjadi penduduk asli Indonesia atau suatu negara. Adapun isi dari KTP adalah nama pemilik KTP, tempat dan tanggal lahir, agama, jenis kelamin, dan juga status perkawinan. Sehingga orang akan segera mengenalinya setelah dibacanya KTP tersebut.

KTP harus selalu dibawa ketika kita melakukan perjalanan ke sebuah wilayah atau daerah yang berbeda sebagai pengenal kita. Dengan masa berlaku yang hanya lima tahun, maka diharapkan penduduk memperbaharui kembali KTP miliknya dengan alamat yang telah disesuaikan dengan KK (Kartu Keluarga). 

Namun untuk orang asing bukan penduduk yang ingin berada di Indonesia dan menetap untuk waktu yang cukup lama, maka ia harus memiliki izin yang bisa didapatkan dari kantor imigrasi. Jika bukan penduduk ini tidak mengurusnya, maka ia akan dituduh sebagai imigran gelap. Semoga bermanfaat ulasan tentang perbedaan penduduk dan bukan penduduk ini.