Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi Dalam Sebuah Negara

Perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara memang harus kita ketahui bersama. Karena sangat mungkin apa yang saat ini kita lakukan juga berpengaruh bagi pertumbuhan atau perkembangan ekonomi itu sendiri. Dengan demikian, kita bisa lebih meningkatkan usah kita jika itu adalah baik untuk kita dan penduduk. Namun sebaliknya, kita juga harus berusaha untuk meminimalisir sebuah usaha apabila usaha yang kita jalankan ternyata berpengaruh buruk bagi kehidupan sekitar. 
sifat sifat pembangunan ekonomi,sifat pembangunan ekonomi,pengertian menurut para ahli,peranan sda hayati bagi,faktor yang mempengaruhi,cara mengukur,

Pembangunan ekonomi sendiri bisa diartikan sebagai gerakan atau proses kenaikan pendapatan total atau berkapita yang berjalan dengan memperhatikan pemerataan pendapatan dan juga memperhatikan pertambahan penduduk yang disertai dengan perubahan struktur ekonomi suatu negara.

Sedangkan pertumbuhan ekonomi bisa diartikan sebagai sebuah proses kenaikan kapasitas produksi dalam perekonomian yang berbentuk kenaikan pendapatan nasional. Lantas, kapan negara akan dikatakan telah atau sedang mengalami pertumbuhan ekonomi? Yaitu apabila negara tersebut telah terjadi peningkatan GNP riil. Adapun perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Pertumbuhan ekonomi merupakan proses berkembang atau naiknya produk berkapita yang terjadi dalam jangka waktu panjang. Sedangkan pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan yang terjadi secara terus menerus menuju perbaikan, adapun salah satu perubahannya terlihat pada meningkatnya produk berkapita.

2. Pertumbuhan ekonomi dalam prosesnya tidak memperhatikan pemerataan pendapatan. Sedangkan dalam pembangunan ekonomi dalam prosesnya memperhatikan pemerataan pendapatan dan juga pemerataan pembangunan serta hasilnya.

3. Ekonomi yang terus bertumbuh, tidak memperhatikan pertambahan penduduk, sedangkan proses pembangunan ekonomi memperhatikan pertambahan penduduk suatu negara.

4. Proses pertumbuhan ekonomi belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat. Sedangkan pembangunan ekonomi dalam prosesnya bisa meningkatkan taraf hidup suatu negara atau masyarakat.

5. Ketika suatu negara terjadi pertumbuhan ekonomi maka belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi, namun ini dapat terjadi sebaliknya karena pembangunan ekonomi suatu negara selalu beriringan dengan pertumbuhan ekonomi.

6. Input pada pertumbuhan ekonomi selalu menghasilkan output yang lebih banyak namun pada pembangunan ekonomi, input tidak hanya menghasilkan putput yang banyak, namun di sisi lain juga terjadi perubahan dalam kelembagaan dan juga pengetahuan teknik.

Adanya pabrik-pabrik yang kini mulai marak didirikan di perkampungan, akan dapat membuat perubahan taraf hidup masyarakat. Namun demikian akan ada pihak yang dirugikan karena beberapa faktor seperti polusi limbah pabrik, polusi suara, jalanan mulai cepat rusak karena keluar masuknya kendaraan berat dan lain sebagainya. Namun pendapatan penduduk akan semakin bertambah dan kehidupan akan lebih maju dari sebelumnya karena dengan taraf ekonomi yang meningkat, sangat memungkinkan untuk setiap anak bisa sekolah ke jenjang, yang lebih tinggi. Dengan demikian pendidikan penduduk juga akan semakin maju dari tahun ke tahun. Demikian tadi bahasan tentang perbedaan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi semoga bermanfaat.