Perbedaan Otot Polos Lurik dan Jantung pada Manusia

Otot merupakan jaringan yang menyusun tubuh dan berfungsi sebagai alat gerak yang aktif. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan otot polos, lurik dan jantung. Otot merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena ia memiliki 3 fungsi utama yaitu melakukan kontraksi, melakukan kebalikan dari kontraksi dan kembali ke keadaan semula. Otak sendiri terdiri dari 3 bagian yaitu otot lurik, otot jantung dan otot polos. Mengenai ketiga jenis otak ini, membahas otot pasti tak akan lepas dari mereka. Mengetahui perbedaan ketiganya dari berbagai segi sangatlah penting. Otot polos, lurik dan jantung merupakan alat gerak yang sangat penting maka wajib bagi Anda mengetahui tentang hal ini.
Perbedaan Otot Polos Lurik dan Jantung pada Manusia,

Perbedaan otot polos, lurik dan jantung akan dijelaskan pada pembahasan kali ini. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui apa saja perbedaan dari keduanya, simak ulasan di bawah ini.

1. Otot Polos
Berdasarkan jumlah nukleus satu yang terletak pada bagian tengah, bentuknya mirip seperti gelandong. Otot ini bekerja secara tidak sadar, serabutnya terlihat tidak teratur, tidak gampang lelah dan lambat. Otot polos sendiri terletak di system pencernaan, saluran pernafasan serta pembuluh darah. Meski begitu jika diamati melalui microscop akan terlihat bentuknya polos maka disebutnya otot polos. Walaupun sebenarnya ada serabut namun karena bentuknya homogeny maka terlihat teratur dan polos. Dalam bekerja dapat dikatakan otot ini lambat namun dapat bekerja dalam waktu yang cukup lama. Kerja saraf pada otot polos yaitu secara otonom. Gerakannya otot ini tidak disadari oleh manusia.

2. Otot lurik
Otot lurik atau disebut juga otot rangka karena letak otot ini melekat pada rangka seperti rangka kaki dan tangan. Otot ini bekerja sesuai kemauan kita atau bergerak secara sadar. Kemampuan gerak otot ini cepat tapi cepat pula mengalami kelelahan. Jika diamati melalui mikroskop maka akan terlihat serabut yang bentuknya beraturan dan berlurik serta sifat kerja saraf pada otot lurik ialah somatic. Otot ini berwarna gelap dan terang. Bentuk sel dari otot ini panjang dan terdapat banyak inti sel dalam setiap tepi sel. Otot lurik sendiri mampu bekerja karena adanya rangsangan yang berupa dingin, panas, rangsangan kimia dan juga sengatan listrik.

3. Otot Jantung
Otot jantung adalah bagian paling penting karena otot inilah yang mempengaruhi kinerja jantung. Otot tersebut terletak pada organ penting manusia yaitu jantung. Otot ini bekerja secara sadar atau sesuai perintah manusia. Berbeda dengan otot lurik, otot jantung tidak mudah lelah karena ia akan selalu berkontraksi dan berelaksasi selama manusia masih bernyawa atau hidup. Jika otot tersebut tidak bekerja maka dipastikan manusia tidak hidup lagi. Otot jantung memiliki ini sel berjumlah satu yang letaknya berada di tengah. Jika diamati melalui mikroskop, maka akan nampak bentuknya yang bercabang dan berhubungan satu sama lain. Kinerjanya memang sangat kompleks. Saraf-saraf pada otot jantung bekerja secara otonom.

Inilah perbedaan otot polos, lurik dan jantung. Semoga pembahasan mengenai ketiganya dapat membantu Anda serta menambah wawasan Anda mengenai otot dalam kinerja organ tubuh manusia. Tanpa adanya otot, tubuh tidak akan bisa bergerak secara aktif dan melakukan pekerjaan sehari-hari.