Perbedaan Novel dan Cerpen Dalam Karya Sastra

Dalam ilmu sastra kita harus tahu perbedaan novel dan cerpen. Dalam pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kita sering sekali mendengar istilah cerpen dan novel. Bagi yang gemar membaca, banyak juga penggemar membaca yang tertarik dengan novel maupun cerpen. Kita mungkin sudah sedikit lupa tentang kedua karya sastra tersebut karena kurang mengikuti perkembangan dunia sastra. Padahal seiring dengan perkembangan zaman, karya sastra dalam novel dan cerpen secara tidak langsung juga mengalami perkembangan. Untuk mengingat kembali tentang cerpen maupun novel, mari kita coba ulas kembali dan mencari perbedaan dari keduanya. 
perbedaan novel dengan cerpen,drama,dongeng,pengertian cerpen dan novel,contoh,ciri ciri,

Karya sastra cerpen dan novel pada intinya adalah sama, yaitu sebuah cerita baik itu cerita singkat maupun panjang seperti dalam novel. Dari awal ini saja kita sebenarnya sudah bisa mengetahui perbedaan novel dan cerpen, namun tidak lengkap jika kita tidak mengulas kembali satu persatu pengertian dan karakteristik dari masing-masing karya sastra tersebut. Untuk itu, mari kita bahas satu persatu dalam uraian singkat di bawah ini:

1. Pengertian dan karakteristik novel
Novel merupakan sebuah cerita panjang dan memiliki unsur cerita dengan alur yang teratur dan saling berkaitan. Dalam cerita yang terkandung dalam novel terdapat konflik yang membuat pembacanya masuk dalam cerita sampai pada akhirnya menemukan penyelesaian. Dalam penokohan cerpen juga memiliki beberapa tokoh dengan cerita yang detail. Namun cerita yang panjang tersebut jika kita mengikuti laur akan merasakan sensasi seperti kita masuk dalam cerita tersebut. Meskipun hal itu tergantung dari pengarang novel mampu membawa pembacanya masuk dalam alur cerita atau tidak. Banyak para pengarang novel terkenal, baik luar negeri maupun dalam negeri. Contoh novel karya luar negeri yang terkenal misalnya adalah sang alkemis karya Paulo Celho, untuk pengarang Indonesia misalnya Khairil Anwar dengan berbagai judul novelnya yang melegenda.

2. Pengertian dan karakteristik cerpen
Melihat dari namanya, kita bisa mengetahui bahwa cerpen merupakan cerita pendek, tapi meskipun cerita yang disampaikan singkat tetap saja membutuhkan unsur penting seperti dalam novel. Unsur inilah yang bisa menyimpulkan perbedaan novel dan cerpen, unsur tersebut misalnya dalam alur cerita lebih sederhana. Tokoh yang diceritakan di anggap penting serta tidak mengalami perubahan penokohan. Dalam menceritakan penokohan juga tidak detail karena harus disampaikan dengan singkat namun mudah dimengerti. Disinilah tingkat kesulitan dalam membuat cerpen, dimana pengarangnya harus mampu mendeskripsikan cerita yang singkat namun meliputi waktu yang bisa saja panjang.

Kesimpulan dari perbedaan ini adalah unsure yang ada dalam kedua cerita tersebut, misalnya dalam cerpen menggunakan penokohan sedikit untuk menyingkat cerita. Sedangkan pada novel dengan penokohan yang detail mampu menjadi sebuah cerita panjang dalam novel. Novel mampu menghadirkan cerita yang kompleks dengan alur cerita yang panjang, sedangkan cerpen lebih simpel dan memiliki keterbatasan waktu alur cerita. Demikianlah sedikit perbedaan novel dan cerpen, semoga ini bisa mengingatkan kembali tentang karya sastra yang pernah kita pelajari sebelumnya.