Perbedaan Notebook dan Netbook Secara Sederhana

Sampai saat ini banyak yang tidak tahu apa itu perbedaan notebook dan netbook, padahal teknologi perangkat komputer ini sudah berkembang pesat dan banyak sekali penggunanya. Tingkat penjualan komputer jinjing ini juga mampu menggeser pasar penjual komputer desktop, karena komputer jinjing mudah dibawa kemana saja kita pergi. Namun karena banyaknya model komputer jinjing dan teknologinya semakin baru, kita sampai bingung mendefinisikan perangkat notebook maupun netbook. Untuk mempermudah Anda mendapatkan informasi yang tepat seputar netbook dan notebook, kali ini sengaja kami ulas mengenai perbedaan kedua perangkat tersebut.
perbedaan laptop notebook netbook dan tablet,notebook dengan netbook,

Banyak orang yang masih awam dalam perangkat komputer yang sudah memiliki netbook atau juga notebook, sayangnya mereka memiliki hanya sebatas memanfaatkan saja. Mereka kurang memperhatikan spesifikasi dan fitur yang ada, namun lebih cenderung menggunakan untuk keperluan kerja dan hiburan. Padahal mengetahui spesifikasi dan hardware yang ada pada komputer lipat ini juga penting, supaya Anda bisa mengidentifikasi kerusakan dan mengetahui kualitas notebook Anda. Jika sudah mengetahuinya, maka Anda bisa membedakannya, jika Anda belum mengetahui Perbedaan notebook dan netbook, Anda bisa menyimaknya di bawah ini. 

1. Spesifikasi
Kedua model komputer lipat ini sebenarnya menurut istilah tetap sama, yaitu laptop atau komputer jinjing. Hanya saja, meskipun sama tetap memiliki perbedaan karena teknologi dan spesifikasi yang tertanam dalam perangkat tersebut. Misalnya ukuran notebook mempunyai dimensi ukuran yang lebih besar dibanding dengan netbook. Layar notebook ukurannya mulai dari 13” ke atas, sedangkan layar netbook biasanya ukurannya mulai dari 6” sampai 13” itulah sedikit gambaran yang membedakannya. Spesifikasi yang digunakan pada notebook biasanya lebih tinggi dibanding netbook yang memang sengaja di desain untuk kelas menengah. Dengan demikian jika Anda memang mencari produk laptop yang murah dengan spesifikasi menengah cukup membeli produk netbook.

2. Kapasitas memory dan hardisk
Notebook merupakan generasi dan inovasi yang tercipta atas kebutuhan komputer yang lebih mobile, sehingga terciptalah komputer jinjing yang bisa dibawa kemana saja untuk menunjang kinerja Anda. Spesifikasi notebook memang lazimnya komputer desktop yang mampu menyediakan storage hardisk besar dan RAM melebihi 2 GB untuk notebook terbaru. Ruang simpan dan kecepatan memory tersebut lebih menjamin kenyamanan saat menggunakan notebook tanpa hambatan. Penggunaan processor pada notebook juga memiliki kecepatan lebih besar dengan teknologi terbaru seperti Core i3 dan seterusnya. Sedangkan pada netbook biasanya menggunakan processor menengah dan kapasitas hardisk yang sedang. Setidaknya itu yang bisa digambarkan untuk perbedaan notebook dan netbook secara sederhana. 

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara kedua perangkat diatas, kami harapkan Anda bisa lebih tahu tentang teknologi komputer terutama laptop. Bagi Anda yang akan membeli notebook baru juga bisa mempertimbangkan lagi apakah cukup netbook yang sudah bisa membantu kinerja Anda tanpa harus mengeluarkan anggaran lebih dengan membeli notebook. Demikianlah ulasan perbedaan notebook dan netbook semoga bermanfaat.