Perbedaan Kualitatif dan Kuantitatif Dalam Sebuah Penelitian

Dalam sebuah penelitian memiliki dua buah metode yakni kualitatif dan juga kuantitatif. Apakah perbedaan kualitatif dan kuantitatif dalam sebuah metode penelitian tersebut. Kedua metode penelitian tersebut pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yakni sama-sama digunakan untuk mengumpulkan data. Selain itu dengan metode tersebut, peneliti juga bisa mempertanggung jawabkan datanya karena langsung melakukan penelitian dan observasi. Lalu, jika sama-sama memiliki tujuan akhir yang sama dimanakah perbedaan keduanya? Agar lebih jelas mengenai perbedaan kedua metode penelitian tersebut, Anda bisa langsung simak ulasannya berikut ini.
perbedaan kualitatif dan kuantitatif pdf,kualitatif dan kuantitatif beserta contohnya,dalam skripsi,serta contoh,menurut para ahli,doc,menurut sugiyono,ppt,

Dari segi data yang diambil kedua hal ini memiliki perbedaan pada hasil data yang didapatkan. Pada metode kualitatif hasil yang didapat berupa penjelasan, catatan observasi, dokumen, dan juga wawancara atau angket. Sedangkan jika melakukan penelitian menggunakan metode kuantitatif data yang didapat biasanya berupa angka, koding, perhitungan, pemetaan dan lainnya. Tujuan dari kedua metode ini tentu saja untuk mendapatkan data yang valid untuk melakukan pengkajian terhadap beberapa hal dengan observasi secara langsung. Dengan data yang valid dan pasti, maka bisa dihasilkan sebuah penelitian yang baik dan juga bisa dipertanggungjawabkan.

Dari segi tujuan penelitiannya, kedua metode ini juga memiliki perbedaan, pada metode kualitatif sebuah penelitian dilakukan untuk mengembangkan sebuah konsep yang sebelumnya sudah ada. Selain itu, penelitian kualitatif juga bertujuan untuk membuat orang lebih paham akan sebuah teori dan juga mengembangkan teori yang sudah ada. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki tujuan untuk melakukan pengujian akan sebuah teori. Selain itu, dengan penelitian kuantitatif juga bisa dihasilkan pemetaan untuk memberikan gambaran berupa angka dan juga statistik. Metode kuantitatif juga bisa digunakan untuk meyakinkan sebuah fakta atau juga membuat prediksi akan sebuah teori yang dikeluarkan.

Dari segi sampling antara dua metode ini memiliki perbedaan yang cukup jelas pula. Jika pada metode kualitatif sampling dilakukan dengan metode non representatif jadi peneliti bisa langsung observasi bisa juga lewat telepon atau hal lainnya. Responden untuk penelitian kualitatif biasanya juga lebih sedikit sehingga tidak terlalu repot dalam melakukan penelitian. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif sampling dilakukan dengan metode representatif yakni peneliti langsung datang untuk melakukan observasi. Cakupan penelitian kuantitatif juga lebih luas dengan jumlah responden yang jauh lebih banyak. Dengan demikian bisa dihasilkan data yang valid untuk melakukan sebuah pemetaan.

Perbedaan kualitatif dan kuantitatif terakhir bisa dilihat dari segi pengumpulan data yang dilakukan. Karena metode penelitian kualitatif lebih bersifat pengujian dan pengembangan maka pengumpulan data bisa dengan melakukan wawancara. Selain itu metode kualitatif juga memungkinkan kita melakukan observasi partisipatif. Sedangkan untuk metode penelitian kuantitatif karena bersifat pembuktian metode pengumpulan data biasanya menggunakan eksperimen. Selain itu, survey juga sangat tepat digunakan dalam sebuah penelitian kuantitatif.