Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban Menurut Pandangan Para Ahli

Perbedaan kebudayaan dan peradaban sampai saat ini masih menjadi hal yang membingungkan. Terutama jika dilihat dari banyaknya pendapat para ahli mengenai keduanya. Ada yang berpendapat mengenai tidak adanya perbedaan di antara kebudayaan dan peradaban. Namun tidak sedikit juga pendapat yang mengungkapkan perbedaan di antara keduanya. Bagi Anda yang ingin mengetahui pandangan-pandangan dari para ahli tersebut, simak ulasan berikut ini. Berikut merupakan pendapat atau pandangan para ahli mengenai perbedaan antara kebudayaan dan peradaban.
perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut para ahli,wujud kebudayaan,contoh,timur tengah dan islam,pengertian,persamaan,menurut koentjaraningrat,

- Menurut Albion Small
Menurut Albion Small, peradaban merupakan kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan dorongan dari dasar kemanusiaannya. Dimana peradaban ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia itu sendiri. Sedangkan kebudayaan lebih mengacu kepada kemampuan yang dimiliki manusia dalam mengendalikan alam. Pengendalian alam ini melalui ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Menurutnya, peradaban memiliki hubungan dengan perbaikan yang sifatnya kualitatif. Peradaban menyangkut kondisi batin dari manusia dan kebudayaan lebih mengacu pada hal yang bersifat faktual, material, relevan dan juga konkret.

- Menurut Alfred Weber
Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurut Alfred Weber yaitu peradaban lebih mengacu pada pengetahuan dan juga intelektual. Dimana peradaban juga merupakan kumpulan cara yang sifatnya teknis dan digunakan untuk mengendalikan alam. Sementara kebudayaan adalah serangkaian nilai, ide, prinsip normatif yang bersifat unik. Menurutnya, peradaban memiliki sifat yang lebih kumulatif dan juga lebih siap untuk disebar. Namun lebih rentan terhadap adanya penilaian dan juga lebih berkembang dibandingkan kebudayaan. 

- Menurut Spengler
Menurut Spengler, peradaban merupakan kebudayaan yang sudah mencapai taraf yang tinggi ataupun kompleks. Menurutnya, peradaban merupakan kebudayaan yang tidak lagi mempunyai aspek produktif, sudah membeku dan mengkristal. Sementara kebudayaan sendiri merupakan sesuatu yang mengacu pada hal yang hidup dan juga kreatif. Perbedaan kebudayaan dan peradaban menurutnya adalah, kebudayaan merupakan sesuatu yang sedang terjadi. Sedangkan peradaban merupakan sesuatu yang telah selesai. Contoh dari kebudayaan antara lain yaitu makanan, minuman, pakaian dan lain sebagainya. Sedangkan contoh dari peradaban yaitu candi Prambanan, Tembok Besar Cina dan lain sebagainya.

- Menurut Daed Joesoef
Menurutnya, kebudayaan merupakan sesuatu yang memiliki ciri dan juga sifat budaya. Sementara budaya itu sendiri merupakan sistem nilai yang dihayati. Sedangkan peradaban merupakan gabungan dari kesatuan budaya dan juga sejarah yang membentuk suatu kondisi masyarakat.

Itulah pandangan menurut para ahli mengenai perbedaan antara peradaban dan juga kebudayaan. Selain yang sudah disebutkan, masih ada beberapa lagi para ahli lain yang mengungkapkan pendapatnya mengenai kedua istilah ini. Dari banyaknya pendapat yang ada, mungkin Anda akan sedikit kebingungan jika harus menarik kesimpulan dari pendapat-pendapat tersebut. Namun setidaknya Anda telah mengetahui pandangan-pandangan para ahli mengenai kebudayaan dan juga peradaban. Sekian ulasan mengenai perbedaan kebudayaan dan peradaban, semoga dapat menambah wawasan para pembaca.