Penjelasan Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Beserta Contohnya

Tahukah Anda apa saja perbedaan kebutuhan dan keinginan? Kedua istilah ini memiliki makna yang sangat berbeda. Walaupun sering diucapkan, namun tidak banyak orang yang paham mengenai makna yang sesungguhnya dari kebutuhan dan juga keinginan. Bahkan ada beberapa orang yang menganggap bahwa kebutuhan dan keinginan merupakan hal yang sama. Kenyataannya, kebutuhan dan juga keinginan adalah 2 istilah yang mengacu pada hal yang sangat berbeda. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, Anda dapat menyimak uraian mengenai kebutuhan dan keinginan berikut ini.
faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia,perbedaan kebutuhan dan keinginan dalam ilmu ekonomi,dalam ekonomi,pengertian,menurut ilmu ekonomi,contoh,pengertian kelangkaan,

- Kebutuhan
Kebutuhan merupakan salah satu dari aspek psikologis setiap manusia yang menggerakkannya dalam melakukan berbagai aktivitas. Kebutuhan ini juga menjadi dasar atau alasan atau faktor untuk melakukan usaha. Sebagai contoh, untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap orang harus bekerja. Bekerja (melakukan usaha) akan mendapatkan imbalan (gaji atau uang) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contoh dari kebutuhan sehari-hari adalah makanan dan minuman, setiap orang membutuhkan makan dan minum untuk bertahan hidup. Atau dapat dikatakan, pemenuhan kebutuhan ini sangat penting dilakukan demi mendapatkan kesejahteraan. 

Dengan kata lain, jika kebutuhan tidak dapat dipenuhi dengan baik maka hidup orang tersebut tidak ataupun kurang sejahtera. Selain makan dan minum, masih banyak lagi contoh lainnya mengenai kebutuhan. Contoh lainnya yaitu rumah, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang demi melindungi tubuh dari berbagai bahaya. Baik dari panas, hujan ataupun dari serangan lainnya, rumah adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi. Kebutuhan sendiri dipengaruhi oleh kebudayaan, semakin tinggi tingkat kebudayaan masyarakat tersebut maka semakin banyak pula kebutuhannya. 

- Keinginan
Keinginan sendiri merupakan tambahan atas pemenuhan kebutuhan, sesuai yang diharapkan. Contohnya saja untuk makan dan minum, keduanya merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Makan dan minum akan dianggap kebutuhan jika makanan dan minuman yang dikonsumsi apa adanya. Dengan kata lain, apapun makanan dan minuman yang ada akan tetap dikonsumsi. Namun jika Anda memiliki harapan untuk makan dan minum yang lebih maka itu disebut sebagai keinginan. Contoh, Anda ingin makan nasi, ayam goreng, pizza dan lain sebagainya adalah sebuah keinginan. 

Keinginan bukanlah sesuatu hal yang mendesak, jika tidak terpenuhi maka tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup Anda. Perbedaan antara kebutuhan dan keinginan yaitu pada terlihat pada fungsinya. Dari ulasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa makan adalah kebutuhan namun makan dengan rasa enak adalah keinginan. Rumah adalah kebutuhan sedangkan rumah yang bagus adalah keinginan. Contoh lainnya yaitu berpakaian merupakan kebutuhan, namun berpakaian yang bagus dan mahal adalah keinginan. Setelah membaca ulasan ini, Anda tentu sudah tidak bingung lagi mengenai kebutuhan dan juga keinginan. Itulah penjelasan mengenai perbedaan kebutuhan dan keinginan, semoga bermanfaat.