Kenali Pengertian dan Perbedaan Statistik dan Statistika

Sudahkah Anda mengetahui dasar dari perbedaan statistik dan statistika? Memang kita sering mendengar bahwa statistik dan statistika itu sama dalam artian pasti berhubungan dengan angka. Statistik dan statistika memang suatu ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari di bangku sekolah dan perkuliahan. Fungsi keduanya memang untuk membandingkan serta menyelesaikan suatu permasalahan. Namun sebagian orang bingung tentang perbedaan dasar kedua ilmu tersebut yang berakibat kesalahan dalam penafsiran.
pengertian statistik,kegunaan,matematika,sejarah,deskriptif dan statistika induktif,inferensia,parametrik dan nonparametrik,

Bagi Anda yang bingung mengetahui perbedaan kedua ilmu tersebut, berikut ini saya jelaskan pengertian statistik dan statistika. Statistik adalah kumpulan angka mengenai suatu permasalahan sehingga dapat memberikan suatu gambaran dari permasalahan tersebut. Sedangkan statistika adalah suatu metode ilmiah yang mempelajari teknik pengumpulan, perhitungan, penggambaran, pengaturan data disertai dengan penarikan kesimpulan yang valid dari penganalisaan yang dilakukan serta pembuatan Keputusan secara rasional.

Nah kita sudah mengetahui apa itu pengertian dari statistik dan statistika, selanjutnya agar lebih jelas kita harus mengetahui secara detail perbedaan statistik dan statistika dari segi pengumpulan data. Berikut ini jenis pengumpulan data dari kedua ilmu tersebut.

1. Statistik
Jenis data statistik menurut cara memperolehnya dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang secara langsung diambil melalui obyek penelitian oleh peneliti secara individu maupun kelompok. Misalnya wawancara langsung penonton bioskop XXI untuk penelitian pretensi konsumen bioskop. Sedangkan data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung dari obyek penelitian. Disini peneliti mendapat data yang sudah dikumpulkan oleh pihak lain melalui berbagai cara, baik komersial maupun tidak komersial. Misalnya peneliti menggunakan hasil riset dari surat kabar yang akan digunakan untuk penelitian statistiknya.

2. Statistika
Statistika berbeda dengan statistik, jika dalam statistik terdapat jenis pengambilan data namun di dalam statistika terdapat metode pengambilan sampel yang terdiri dari dua teknik, yaitu teknik sampling dan teknik berdasarkan peluang dan teknik sampling tidak berdasarkan peluang. Teknik sampling berdasarkan peluang adalah teknik pengambilan sampel dengan setiap unit observasi yang terdapat dalam populasi tersebut memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan pilihan sampel. Sedangkan teknik tidak berdasarkan peluang adalah teknik pengambilan sampel di mana setiap unit dalam populasi tidak memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.

Nah, itulah perbedaan kedua ilmu tersebut dilihat dari jenis maupun teknik pengambilan data. Meskipun banyak sekali perbedaannya namun perbedaan yang paling mendasar adalah dilihat dari pengertian serta teknik, jenis pengambilan data. Dari paparan diatas dapat diambil kesimpulan perbedaan statistik serta statistika. Jika statistik adalah kumpulan angka yang didapat dari suatu permasalahan dan berfungsi untuk memberikan gambaran dari masalah tersebut. Sedangkan statistika adalah Metode ilmiah yang digunakan untuk menyelesaikan data-data yang berisi suatu gambaran obyek masalah.

Demikian penjelasan dari perbedaan statistik dan statistika yang sudah dijelaskan diatas. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan Anda terhadap ilmu perhitungan yang digunakan dalam penelitian. Terima kasih.