Inilah Perbedaan Vena dan Arteri (Pembuluh Darah)

Perbedaan vena dan arteri akan dibahas pada kesempatan berikut ini. Vena dan arteri merupakan jenis pembuluh darah yang ada di dalam tubuh. Namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup banyak, mulai dari letak, fungsi, kandungan dan lain sebagainya. Kedua jenis pembuluh darah ini memang berbeda, tidak hanya dari nama tetapi juga dari berbagai segi. Jika Anda ingin mengetahui apa saja perbedaan antara pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri, simak informasi berikut.
tabel perbedaan arteri dan vena,perbedaan pembuluh vena dan arteri,arteri vena dan kapiler,darah arteri dan vena,

Berikut merupakan hal-hal yang membedakan antara pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri. Antara lain yaitu:

- Letak
Pembuluh darah arteri terletak di bagian tubuh yang agak ke dalam, cukup jauh dari permukaan kulit. Sementara pembuluh darah arteri terletak agar keluar, tidak terlalu jauh dari permukaan kulit. 

- Fungsi
Fungsi dari pembuluh darah arteri yaitu mengangkut oksigen atau O2 keluar jantung. Sementara pembuluh darah vena mengangkut karbon dioksida atau CO2 menuju dari jantung.

- Dinding pembuluh
Jika dilihat dari dinding pembuluh, pembuluh darah arteri memiliki dinding pembuluh yang kuat dan elastis. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki dinding pembuluh yang tipis serta tidak elastis.

- Kandungan
Pembuluh darah arteri mengandung karbon dioksida yang sedikit, kecuali pada arteri pulmonalis. Pembuluh darah ini mengandung oksigen yang sangat banyak, kecuali pada arteri pulmonalis. Sementara pembuluh darah vena mengandung karbon dioksida yang sangat kaya kecuali pada vena pulmonalis. Begitu juga sebaliknya, pembuluh darah vena mengandung oksigen yang sangat sedikit kecuali pada vena pulmonalis. 

- Arah aliran darah
Perbedaan vena dan arteri paling mendasar yaitu pada arah aliran darahnya. Dimana aliran darah pembuluh darah arteri memiliki arah yang keluar jantung. Sedangkan pembuluh darah vena memiliki aliran darah yang sebaliknya yaitu menuju jantung.

- Denyutan
Perbedaan lainnya juga dapat Anda lihat dari denyutan pembuluh darah tersebut. Pembuluh darah arteri memiliki denyut yang terasa sementara pembuluh darah vena tidak begitu terasa.

- Aliran darah
Aliran darah pada pembuluh darah arteri cukup deras sementara pembuluh darah vena aliran darahnya lambat.

- Jika terluka
Jika terluka, pembuluh darah arteri akan memancarkan darahnya sementara darah pada pembuluh darah vena akan menetes. 

- Kecepatan membeku
Darah dari pembuluh darah arteri lebih lambat membeku jika dibandingkan dengan darah di pembuluh darah vena.

- Diameter
Pembuluh darah arteri memiliki diameter yang lebih kecil jika dibandingkan dengan pembuluh darah vena. Hal ini dipengaruhi oleh ketebalan dinding pembuluh darah masing-masing.

- Tekanan
Tekanan pembuluh darah arteri lebih besar dari tekanan pembuluh darah vena.

- Warna
Warna pembuluh darah arteri yaitu merah terang, sementara pembuluh darah vena berwarna merah gelap.

Pembuluh darah arteri dan vena memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, tidak heran jika keduanya memiliki banyak perbedaan. Setelah membaca ulasan mengenai perbedaan vena dan arteri tersebut, semoga Anda dapat memahaminya dengan mudah.