Inilah Perbedaan Simpati dan Empati Dalam Kehidupan Sosial

Pasti semua orang sering berpandangan bahwa simpati dan empati merupakan hal yang sama. Padahal perbedaan simpati dan empati dilihat dari pengertiannya saja sudah sangat berbeda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa simpati dan empati merupakan suatu kata yang mempunyai makna yang berbeda. Simpati dan empati biasanya digunakan sebagai tindakan kepedulian terhadap seseorang yang kehidupannya atau kondisinya sangat miris. Nah, untuk mengetahui lebih jauh apa itu simpati dan apa itu empati, simak penjelasan di bawah ini.
pengertian empati dan simpati,contoh,perbedaan identifikasi dan imitasi,pengertian empati,dalam keperawatan,pdf,artikel,

Sikap yang didasari dengan rasa tulus dan ikhlas serta perbuatannya baik, akan menimbulkan hubungan yang harmonis antara bapak, ibu, anak, atasan, bawahan, rakyat maupun pemerintah. Sehingga tercipta suatu hubungan yang harmonis, sekaligus menguntungkan bagi semua elemen masyarakat. Terciptanya suatu hubungan yang harmonis tersebut, pastinya tidak lepas dari rasa simpati maupun empati dari setiap individu, memang perasaan tersebut secara sadar maupun tidak sadar timbul akibat naluri dari dalam individu sendiri.

Perbedaan simpati dan empati memang tidak jauh berbeda sehingga bagi Anda yang masih bingung, berikut akan dipaparkan secara jelas. Ingat, simak baik-baik agar Anda bisa langsung menemukan titik pembeda diantara kedua hal tersebut.

1. Simpati
Simpati merupakan suatu proses ketika seseorang mempunyai perasaan tertarik terhadap pihak lain, dengan demikian dapat merasakan apa yang sedang dialami, diperbuat dan diderita oleh orang tersebut. Simpati yang paling terlihat adalah perasaan, perasaan memegang peranan utama dalam hal simpati. Simpati dapat diamati ketika dalam hubungan persahabatan, bertetangga atau pekerjaan atasan dengan bawahan. Seseorang merasakan simpati dengan orang lain, biasanya karena sikap, penampilan atau tindakannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa simpati adalah perasaan yang timbul akibat perbuatan yang dilakukan orang lain yang baik, benar atau kehidupan yang memprihatinkan.

2. Empati
Empati hampir mirip dengan perasaan simpati, namun empati tidak hanya perasaan saja yang timbul akan tetapi diikuti perasaan organisme dari dalam tubuh yang amat dalam. Misalnya, bila teman kita orang tuanya meninggal, kita pasti juga merasakan kehilangan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa empati adalah suatu tindakan yang dilakukan kepada orang lain dengan menggunakan cara pikir yang tepat sehingga menurut orang lain tindakan tersebut tindakan yang baik dan benar.

Dan itulah beberapa penjelasan perbedaan kedua hal yang sering salah diucapkan atau dilakukan. Bagi Anda yang membacanya secara seksama dan dipahami maka akan langsung menemukan titik dari perbedaan antara simpati dan empati. Jelas sekali bahwa simpati dan empati merupakan sesuatu perasaan yang hampir mirip. Namun, perbedaan simpati dan empati hanya terletak pada taraf perasaan kepada orang lain yang timbul dari diri setiap individu, serta mengalir dengan sendirinya akibat perbuatan orang lain. Pada simpati, perlakuan orang kepada sesama dapat memberikan perhatian lebih tanpa dapat memberikan alasan apapun namun pada empati perlakuan orang kepada sesama memberikan perhatian disertai alasan tertentu. 

Demikian ulasan perbedaan antara simpati dan empati, semoga artikel ini bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dalam ilmu sosial dan lain sebagainya sehingga Anda mengetahui lebih detail simpati dan empati. Terima kasih.