Inilah Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan merupakan bagian dari sub pembahasan pelajaran pada saat kita mengenyam bangku pendidikan. Kalau mau diingat-ingat, sudah berapa tahun kita tidak membuka kembali tema ini setelah kita lulus dari bangku sekolah dan sibuk beraktifitas dalam dunia kerja. Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba mengingat kembali supaya ilmu yang pernah kita dapat tidak hilang begitu saja. Tidak sedikit juga diantara kita sudah lupa tentang perbedaan sel yang ada pada hewan dan tumbuhan tersebut. Untuk itu, kita bisa mereview kembali tentang apa sebenarnya sel hewan dan tumbuhan supaya kita bisa membedakannya. 
perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan pdf,beserta fungsinya,persamaan,beserta penjelasan,dalam bentuk tabel,gambar,sel prokariotik dan eukariotik,

1. Sel hewan
Hewan merupakan bagian dari mahkluk hidup yang ada di dunia ini yang memiliki bagian sel tersendiri. Bukan saja pada hewan, namun tumbuhan dan manusia juga mempunyai sel yang berbeda. Pada hewan memiliki sel-sel yang bisa saja terdapat pada sel tumbuhan, tapi ada satu sel yang membedakannya yaitu sel sentriol. Bentuknya menyerupai silinder yang tersusun atas protein mikrotubulus dengan ciri-ciri terdapat lubang-lubang pada bagian tegah sel. Pada sel hewan kadang tidak terdapat sel vakuola seperti yang terdapat pada sel tumbuhan, namun ada beberapa jenis hewan yang memiliki vakuola yaitu hewan bersel satu seperti amoeba. Vakuola yang terdapat pada hewan bersel satu terdiri atas vakuola berdenyut dan tidak berdenyut. Pada hewan juga tidak terdapat dinding sel dan plastida.

2. Sel tumbuhan
Ciri utama pada jenis tumbuhan adalah memiliki dinding sel, posisinya merupakan bagian terluar dari sistem sel yang terdapat pada tumbuhan. Dinding sel inilah yang bisa menjadi ciri-ciri perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan serta beberapa sel lain yang memang tidak terdapat pada sel hewan. Batang pada tumbuhan memiliki karakter lebih keras dibanding pada hewan, hal ini disebabkan karena terbentuknya lapisan dinding sel yang menjadi zat kayu. Sedangkan sel vakuola yang biasanya juga terdapat pada hewan sel satu bisa dijumpai pada setiap jenis tumbuhan. Vakuola akan selalu berkembang mengikuti perkembangan tumbuhan tersebut. Semakin besar tumbuhan, maka vakuola juga akan semakin besar. Dalam vakuola inilah yang menjadi sumber aktifitas tumbuhan berupa kloroplas, leukoplas dan kromoplas. 

Melihat pengertian dan jenis sel-sel yang terdapat pada kedua jenis mahkluk hidup diatas kita bisa mengambil beberapa kesimpulan untuk membedakan karakteristik hewan dan tumbuhan, terutama dilihat dari komposisi sel baik pada hewan dan tumbuhan. Perbedaan yang sangat jelas adalah sel hewan tidak memiliki dinding sel sedangkan pada tumbuhan terdapat dinding sel. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan selanjutnya adalah pada sel tumbuhan tidak memiliki lisosom dan sentrosom. Demikianlah review tentang sel pada hewan dan tumbuhan, meskipun singkat semoga bisa mengingat kembali pelajaran yang pernah kita dapatkan sewaktu menjadi siswa sekolah supaya ilmu yang kita dapat tidak hilang begitu saja.