Inilah Perbedaan Kenari Jantan dan Betina yang Paling Lengkap

Perbedaan Kenari jantan dan betina sangat penting untuk diketahui, terutama bagi Anda para pecinta burung. Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang banyak disukai, tentunya karena terlihat menarik. Tidak hanya itu saja, burung Kenari juga memiliki kicauan yang khas, meru dan juga memukau. Memelihara burung Kenari memang menjadi pilihan tepat bagi Anda yang selalu merindukan kicauan merdu burung. Peminat burung Kenari cukup tinggi, dapat dilihat dari banyaknya arena perlombaan untuk burung Kenari. 
cara membedakan kenari jantan dan betina umur 3 bulan,perbedaan umur 2 bulan,af dan f1,dewasa,umur 1 bulan,cara membedakan lovebird,umur 4 bulan,

Dalam memilih burung Kenari yang gacor tentu tidak dilakukan secara asal, pemilihan biasanya berdasarkan pada jenis kelaminnya. Burung Kenari jantan memiliki kicauan yang lebih gacor dibandingkan burung Kenari betina. Oleh sebab itu agar tidak salah memilih burung Kenari, sebaiknya ketahui perbedaan Kenari jantan dan betina. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membedakan apakah burung Kenari yang Anda pilih adalah jantan atau betina. Untuk mengetahui perbedaan antara burung Kenari jantan dan betina, Anda dapat menyimak ciri-ciri berikut ini.

1. Usia 3-4 hari
Pada usia 3 sampai 4 hari, burung Kenari memiliki ciri khusus yang dapat dilihat dari ada tidaknya pembuluh vena. Pembuluh vena ini terletak di sebelah perut dan menuju dubur, hal ini dapat dilihat dari burung Kenari jantan. Burung Kenari betina usia 3 sampai 4 hari tidak akan menunjukkan pembuluh vena.

2. Usia 7 hari
Ketika memasuki usia 7 hari, burung Kenari juga memberikan pertanda apakah ia jantan atau betina. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari posisi mata, jika sejajar dengan paruh maka itu adalah burung Kenari jantan. Burung Kenari betina akan memiliki mata yang tampak lebih tinggi dari paruh.

3. Bentuk kepala
Burung Kenari jantan memiliki kepala yang berbentuk ramping, sementara burung Kenari betina memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

4. Usia 2-3 minggu
Memasuki usia 2 sampai 3 minggu, burung Kenari akan mulai aktif melompat-lompat. Jika diperhatikan, burung Kenari jantan akan memiliki lompatan yang lebih jauh dibandingkan burung Kenari betina.

5. Postur tubuh
Burung Kenari memiliki postur tubuh yang lebih panjang dan juga lebih besar. Sedangkan burung Kenari betina memiliki postur tubuh yang tidak terlalu besar dan juga cenderung bulat.

6. Kaki
Perbedaan Kenari jantan dan betina juga dapat dilihat dari kakinya. Burung Kenari jantan memiliki kaki yang panjang dengan jari-jari yang renggang. Sedangkan burung Kenari betina memiliki kaki yang lebih pendek dan juga jari yang lebih rapat dibandingkan burung Kenari jantan.

7. Tulang belakang
Jika Anda perhatikan pada tulang belakang burung Kenari, Anda dapat melihat warnanya. Jika warnanya tampak gelap dan pekat maka itu adalah burung Kenari jantan. Sedangkan jika warnanya lebih terang atau tidak pekat maka itu merupakan burung Kenari betina.

8. Bentuk dubur
Ciri lain dari burung Kenari jantan yaitu memiliki dubur yang lebih menonjol atau memiliki benjolan. Sementara untuk burung Kenari betina biasanya tidak memiliki benjolan atau lebih datar jika dibandingkan burung Kenari jantan. 

Itulah ciri-ciri sekaligus perbedaan antara burung Kenari jantan dan juga burung Kenari betina. Bagi Anda yang berniat membeli burung Kenari, pilihlah sesuai dengan jenis kelaminnya. Demikian informasi mengenai perbedaan Kenari jantan dan betina yang dapat dibagikan.