Indikator Utama Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

Mungkin pernah terpikir di benak Anda, negara Indonesia termasuk negara maju atau negara berkembang? Atau, bahkan terpikir indikator apa yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan perbedaan negara maju dan negara berkembang. Kita sering mendengar indikator yang digunakan untuk menentukan dua sisi yang berdampingan itu dari faktor ekonomi serta sumber daya manusia yang dimiliki oleh negara tersebut. Selain itu, pembuatan produk-produk yang berkualitas acap kali sering dijadikan indikator bahwa negara tersebut masuk dalam kategori berkembang atau maju.
perbedaan negara maju dan negara berkembang beserta contohnya,dalam bidang industri,di bidang ekonomi,pendidikan,pengertian secara singkat,wikipedia,menurut beberapa ahli,

Di belahan dunia, tentu banyak negara-negara yang termasuk negara yang berkembang seperti halnya Indonesia serta negara yang maju seperti halnya Jepang. Mengapa Indonesia masih dikatakan dalam kategori negara yang berkembang? Untuk menjawab itu, marilah kita melihat pengertian negara berkembang dan negara yang sudah maju. 

Negara maju ialah negara yang mempunyai tingkat perekonomian serta kehidupan masyarakatnya sudah berada dalam tahap maju, artinya sudah mampu mandiri dan berpikir secara kreatif. Sedangkan negara berkembang adalah negara yang tingkat perekonomiannya dan tingkat kehidupan masyarakatnya masih dalam tahap berkembang, artinya masih menyiapkan segala sesuatu untuk dapat mencukupi masyarakat dalam segala aspek.

Perbedaan negara maju dan negara berkembang secara jelas akan dipaparkan di bawah ini. Namun jika melihat kondisi di lapangan negara maju biasanya berada di kota yang mayoritasnya bekerja dalam sektor industri maupun jasa. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri negara maju dan berkembang.

Ciri-ciri negara maju:

1. Angka pertumbuhan penduduk kecil.
2. Perbandingan pencari kerja dengan lapangan kerja seimbang.
3. Sebagian penduduk bekerja di sektor industri dan jasa.
4. Produktivitas sumber daya manusia tinggi.
5. Tingkat kesehatan dan harapan hidup tinggi.
6. Tingkat pendidikan dan ketrampilan iptek tinggi.
7. Angka pengangguran dan kriminalitas rendah.
8. Pendapatan nasional dan pendapatan rata-rata penduduk tinggi.

Ciri-ciri negara berkembang:

1. Sebagian penduduk bekerja di sektor agraris atau pertanian.
2. Jumlah pertumbuhan penduduknya tinggi.
3. Jumlah lapangan kerja dengan tenaga kerja tidak seimbang.
4. Produktivitasnya masih rendah.
5. Kesejahteraan penduduk rendah.
6. Ketergantungan dengan negara lain tinggi dan mudah terpengaruh.
7. Pendapatan nasional dan pendapatan rata-rata penduduk rendah.
8. Tingkat kemiskinan penduduk tinggi.

Itulah ciri-ciri yang membedakan negara maju dengan negara berkembang yang harus kita ketahui. Dengan melihat ciri-ciri tersebut, tentu Anda sudah mengerti perbedaan negara maju dan negara berkembang. Dan tentunya juga sudah dapat kita ketahui negara Indonesia termasuk dalam negara maju atau negara berkembang.

Dengan melihat ciri-ciri di atas sudah menjawab pertanyaan yang tadi bahwa Indonesia termasuk negara yang sedang berkembang. Sebuah negara tidak akan selamanya menjadi negara maju dan negara berkembang karena hal tersebut dapat berubah asalkan terus melakukan sebuah inovasi serta menambah ketrampilan dalam bidang iptek dan sebagainya. Seperti halnya negara Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan gratis yang diharapkan generasi penerus bangsa bisa menciptakan produk berkualitas dari Indonesia serta meningkatkan perekonomian bangsa.