Cara Mengetahui Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Di dunia ini Tuhan menciptakan berbagai makhluk hidup dengan cirinya masing-masing, termasuk pada tumbuh-tumbuhan. Terdapat dua jenis tumbuhan, yaitu tumbuhan monokotil dan dikotil. Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil perlu Anda ketahui sehingga memudahkan Anda ketika akan mencangkok tanaman-tanaman hias atau sekedar memahaminya sebagai pengetahuan. Tumbuhan monokotil adalah jenis tumbuhan yang mempunyai keping biji tunggal, sedangkan tumbuhan dikotil adalah jenis tumbuhan yang mempunyai biji berkeping dua.
contoh tumbuhan monokotil dan dikotil,paku yang bermanfaat bagi manusia,tabel,perbedaan beserta contohnya,gymnospermae dan angiospermae,manfaat biji terbuka,secara anatomi,kehidupan,

Itulah pengertian mengenai tumbuhan monokotil dan dikotil. Adapun perbedaan lainnya dapat diidentifikasi seperti berikut ini:

• Bentuk akar
Bentuk akar juga menjadi salah satu pembeda antara tumbuhan monokotil dan dikotil, sehingga meskipun Anda masih awam mengenai tumbuhan ini, tetap dapat dibedakan dari bentuk akarnya. Tumbuhan monokotil mempunyai akar serabut, sedangkan tumbuhan dikotil mempunyai akar tunggang.

• Pola daun
Perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil juga dapat diketahui melalui bentuk daunnya. Ini merupakan cara yang mudah karena Anda langsung dapat melihat atau menyentuh daunnya langsung. Jika tumbuhan monokotil bentuk daunnya adalah sejajar, kemudian jenis dikotil pola daunnya menyirip atau menjari.

• Kandungan batang
Sudah menjadi hukum alam bahwa perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil dapat diketahui melalui ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, batang tumbuhan monokotil tidak terdapat kambium, lain halnya dengan batang tumbuhan dikotil yang terdapat kambiumnya.

• Jumlah kelopak bunga
Nah, jumlah kelopak bunga dapat Anda buktikan secara langsung untuk membedakan tumbuhan dikotil maupun monokotil. Jika kelopak bunga kelipatan tiga maka sudah dipastikan bahwa tumbuhan tersebut adalah tumbuhan monokotil. Kemudian untuk tumbuhan dikotil kelopak bunganya adalah kelipatan lima.

Itulah beberapa bagian utama yang membedakan antara tumbuhan monokotil dan tumbuhan monokotil. Masih terdapat bagian-bagian lain yang menjadi perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil. Berikutnya adalah mengenai bentuk batangnya. Tumbuhan monokotil selain batangnya yang tidak berkambium, ternyata juga tidak bercabang. Lain halnya dengan tumbuhan dikotil yang berkambium dan juga memiliki cabang. Jadi, pohon-pohon yang cabangnya banyak seperti pohon buah jeruk sudah dapat dipastikan itu adalah tumbuhan dikotil. Lihat saja biji jeruk juga berkeping dua. Batang pisang juga sudah jelas jika termasuk tumbuhan monokotil. Hal ini dapat diketahui dengan batangnya yang tidak bercabang, tidak berkambium, dan akarnya akar serabut. 

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil berikutnya yang lebih mendalam yaitu pada pembuluh angkut. Tumbuhan monokotil memiliki pembuluh angkut yang tidak teratur, sedangkan tumbuhan dikotil pembuluh angkutnya teratur. Terdapat batang lembaga dan akar lembaga pada tumbuhan monokotil, tetapi tidak terdapat bagian tersebut pada tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil dapat ditemukan pada jenis rumput-rumputan, padi, jagung, tebu, palem, macam-macam pisang, macam-macam anggrek, jahe-jahean, dan tanaman pandan. Kemudian tumbuhan dikotil banyak dijumpai pada kacang-kacangan, terung-terungan, jeruk, kopi, tumbuhan macam-macam getah, dan lain sebagainya.