Apa Sih Perbedaan Tumor dan Kanker?

Tahukah Anda apa perbedaan tumor dan kanker? Masyarakat sering sulit membedakan antara tumor dan kanker, padahal keduanya mempunyai ciri masing-masing dan tidaklah sama. Pengertiannya, tumor merupakan tumbuhnya jaringan secara terus-menerus dan berlebihan, sedangkan kanker merupakan tumbuhnya jaringan yang tidak normal dan tidak terkendali dan mempunyai sifat merusak organ-organ di sekitarnya. Berdasarkan pengertiannya, kanker lebih berbahaya dibandingkan dengan tumor. Tetapi tergantung juga dengan tumor tersebut, apakah jinak atau ganas.
perbedaan tumor dengan kanker,pengertian kanker dan tumor,

Perbedaan tumor dan kanker secara mendasar dapat diketahui berdasarkan ciri-ciri berikut ini.

• Tumor
Tumor dapat berupa benjolan dan terdapat selaput yang menyelimutinya dan pertumbuhan tumor ini cenderung lambat, memerlukan proses bertahun-tahun baru dapat diketahui pertumbuhannya dan baru dapat dirasakan. Tumor hanya tumbuh di jaringan tertentu saja sehingga tidak dapat menyebar ke jaringan lain maupun organ lain. Sel tumor juga tumbuh dalam bentuk sama dengan aslinya dan ketika semakin lama semakin besar tidak bersifat merusak jaringan di sekitarnya. 

• Kanker
Pada dasarnya kanker adalah tumor yang ganas. Sel-sel kanker tumbuh dengan cepat dan tidak sama dengan sel asalnya. Pertumbuhan sel kanker yang tidak normal tidak disertai dengan selaput yang menyelimutinya. Sel kanker yang tumbuh sangat berbahaya karena ketika semakin membesar maka dapat merusak jaringan lain yang ada di sekitarnya. Sel kanker juga dapat lepas dari tempat tumbuhnya dan menjalar ke organ-organ lain.

Perbedaan tumor dan kanker mendasar itulah yang harus diketahui oleh masyarakat luas agar masyarakat tidak menyalah artikan dan salah konsep mengenai tumor dan kanker. Tumor yang jinak tidak berbahaya selama diketahui sejak dini dan dilakukan penanganan dengan benar. Tumor yang jinak tidak berkembang dan dapat segera dioperasi, setelah itu tumor dinyatakan sembuh. Diketahuinya bahwa tumor ini jinak atau ganas adalah melalui pemeriksaan biopsi sehingga seseorang tidak menyimpulkan sendiri mengenai apa yang dideritanya. Tindakan medis yang tepat menjadi pertolongan yang tepat juga. Kemudian pada kanker, tindakan tidak cukup pada operasi saja. Operasi pada kanker merupakan rangkaian langkah untuk mengangkat benjolan yang dapat dilihat. 

Setelah itu, masih terdapat tahap-tahap lainnya seperti kemoterapi, radiasi, dan langkah-langkah perawatan berikutnya. Kanker yang banyak menjangkit masyarakat Indonesia adalah kanker serviks dan kanker payudara. Kanker ini adalah ancaman yang selalu menjadi perhatian pemerintah karena sangat rentan diderita oleh wanita di Indonesia maupun di seluruh dunia. Oleh sebab itu, untuk mencegah maupun mendeteksi kanker payudara sejak dini diharapkan semua wanita dapat melakukan tindakan sadari atau memeriksa payudara sendiri dengan cara merabanya. Benjolan kanker akan terasa keras dan padat ketika diraba. Lain halnya dengan benjolan tumor yang cenderung lebih lunak. Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan tumor dan kanker.