3 Perbedaan Mentega Dan Margarine

Perbedaan mentega dan margarin – Ketika kita sedang menyantap roti tawar yang diolesi Blue Band, pernahkah kamu berpikir apakah bahan yang hendak kamu konsumsi itu mentega atau margarine? Atau bahkan kamu sendiri tidak mengetahui perbedaan antara margarin dan mentega? Mentega dan margarine pada dasarnya berbeda, meskipun sama-sama digunakan sebagai bahan makanan. Lalu, apa bedanya? Simak pembahasan dari perbedaan antara mentega dan margarin.
perbedaan mentega dengan margarin,dan butter,bedanya margarin dan mentega,

1. Bahan dasar
Perbedaan mentega dan margarin yang paling utama adalah bahan dasar yang digunakan. Mentega memiliki bahan dasar lemak dari hewan, atau biasa dikenal dengan istilah lemak hewani. Sedangkan margarin memiliki bahan dasar yang berasal dari lemak tumbuh-tumbuhan atau yang biasa disebut dengan istilah lemak nabati. Bahan dasar mentega sendiri dapat berupa lemak sapi ataupun hewan lainnya. Sedangkan bahan dasar margarin dapat berupa minyak kelapa sawit.

2. Daya emulsi dan aroma
Perbedaan mentega dan margarin yang kedua adalah dari daya emulsi dan aromanya. Daya emulsi adalah daya yang dimiliki bahan untuk membangun tekstur kue yang bagus dan tidak mudah hancur. Daya emulsi yang dimiliki mentega lebih buruk daripada margarin. Namun meskipun demikian aroma yang dimiliki mentega jauh lebih kuat daripada margarin, sehingga mentega dapat menciptakan kue yang memiliki wangi sedap. Supaya kue yang dihasilkan baik, ada bagusnya untuk mencampur antara mentega dan margarin, supaya Anda dapat menghasilkan kue yang bagus bentuknya, namun juga memiliki aroma yang sedap.

3. Jenis lemak
Perbedaan mentega dan margarin yang ketiga adalah dari jenis lemak yang dikandungnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mentega sendiri memiliki jenis lemak hewani. Hal ini menyebabkan kadar kolesterol jahat yang dimiliki mentega lebih banyak daripada kolesterol baik yang terkandung di dalamnya. Sedangkan untuk margarin sendiri karena dibuat dari lemak nabati, sehingga margarin memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan memiliki kolesterol baik yang tinggi. Hal inilah yang membuat para ahli gizi merekomendasikan penggunaan mentega yang tidak terlalu sering, karena dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit mematikan seperti kolesterol dan jantung.

Demikianlah yang sudah kami paparkan tentang perbedaan antara mentega dan margarin. Setelah Anda mengetahui perbedaan di antara keduanya, diharapkan Anda dapat mengonsumsi bahan makanan yang tepat. Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan makanan seperti mentega dan margarin sesuai pada tempatnya. Baik mentega maupun margarin jika dikonsumsi secara berlebihan juga tidak akan baik untuk kesehatan. Untuk menjaga kualitas bahan makanan Anda supaya tetap terjaga, ada baiknya Anda menjaga tempat penyimpanan mentega dan margarin di tempat yang dingin. Dalam pembuatan roti sendiri sebaiknya Anda menggunakan perbandingan yang seimbang antara mentega dan margarin. Sekian.