3 Perbedaan Linux dan Windows

Perbedaan Linux dan Windows – Ada beberapa macam jenis Operating System yang cukup populer di Indonesia. Beberapa contohnya adalah OS Linux dan Windows. Kedua operating system ini banyak di gunakan untuk menjalankan laptop atau PC Anda. Mungkin Anda juga termasuk pengguna salah satu pengguna Linux atau Windows. Namun, tahukah Anda tentang perbedaan antara Linux dan Windows? Berikut adalah beberapa perbedaan dari Linux dan Windows:
perbedaan sistem operasi windows dan linux,linux dan unix,dengan windows,

1. HAKI & Kelengkapan Program
HAKI atau Hak Atas Kekayaan Intelektual berhubungan dengan pembelian produk operating system yang ingin Anda gunakan. Jika Anda ingin memiliki OS Windows yang asli dan terdaftar secara resmi, uang yang harus Anda keluarkan sekitar $200 USD. Sementara untuk Linux, Anda dapat memilikinya secara gratis tanpa uang sepeserpun. Untuk kelengkapan program sendiri, Windows biasanya hanya menyediakan default program, misalnya seperti Windows media player, internet explorer, notepad, dsb. Software-software tersebut tidak selengkap yang diberikan Linux. Selain Anda menginstall operating system Linux, Anda juga mendapatkan berbagai macam software lengkap, dari pengolah text, multimedia, browser, utiliy, bahkan game. Sehingga Linux menyediakan paket lengkap yang gratis.

2. Spyware dan Virus
Spyware adalah kejahatan yang “memata-matai” komputer Anda menggunakan suatu program yang biasanya tidak Anda ketahui. Nah, Windows sangat rentan terhadap spyware sehingga Anda harus mengoptimalkan anti spyware dengan software tambahan jika Anda menggunakan Windows. Windows juga rentan terhadap virus. Banyak sekali virus yang mudah merusak program Windows. Sedangkan untuk Linux memiliki sistem pengamanan yang cukup kuat dan rumit. Itulah mengapa Linux lebih terkenal aman jika komputer Anda menyimpan banyak hal penting. 

3. Sistem File
Windows sebagai sistem operasi terpopuler menggunakan FAT dan NTFS. Windows juga tidak menggunakan case insensitive atau penggunaan nama file dengan huruf besar atau kecil. Windows memiliki istilah file, device juga partisi. Root pada Windows adalah My Computer dimana disanalah ada Drive dan device. Windows tidak dapat masuk ke sistem operasi Linux. Sedangkan pada Linux menggunakan ext2, ext3, xfs, dsb. Linux bahkan dapat melakukan read and write ke FAT32, juga dapat melakukannya di NTFS. Linux membedakan antara huruf besar dan kecil, dan rootnya disimbolkan dengan ”/”. Linux dapat membaca sistem operasi Windows.

Demikianlah perbedaan Linux dan Windows yang telah dibagikan kepada Anda. Meskipun tampaknya Linux lebih mengungguli Windows, namun kemudahan script yang dimiliki Windows memungkinkan tampilan Windows lebih menarik dan mudah dipakai. Sedangkan Linux biasa dipakai oleh kalangan yang menginginkan sistem komputer yang aman. Karena script yang mudah, banyak sekali game PC yang lebih support ke Windows, sedangkan untuk yang support ke Linux hanya sedikit developer game yang menyediakan.