Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Dalam Berpikir

Perbedaan ilmu dan pengetahuan - Terkadang kita kerap membaca atau mendengar mengenai ilmu pengetahuan. Tapi tahukah kita, bahwa antara ilmu dan pengetahuan tersebut memiliki perbedaan. Ya, ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan baik dari segi makna atau dari arti kata. Perbedaan dari ilmu dan pengetahuan tersebut tidak mempengaruhi makna dan fungsi dari keduanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan terhadap manusia. Dengan memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, kita sebagai manusia lebih bisa mengembangkan diri untuk maju dan berkreasi sehingga menjadi manusia yang lebih bijak walaupun hidup di tengah zaman yang semakin modern seperti sekarang. 
perbedaan ilmu dan pengetahuan menurut para ahli,serta contohnya,antara,pengetahuan dengan ilmu,

Antara ilmu dan pengetahuan sama-sama memiliki persamaan mempelajari sesuatu. Namun, ada perbedaan yang mendasar antara ilmu dan pengetahuan sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mempelajari sesuatu dengan bekal yang didapat dari perbedaan keduanya. Baiklah, berikut beberapa perbedaan antara ilmu dengan pengetahuan yang bisa kita petik, diantaranya adalah:

1. Perbedaan dari asal kata
Berdasarkan asal kata antara ilmu dan pengetahuan sama-sama berasal dari bahasa Inggris namun memiliki kata dan makna yang berbeda. Ilmu berasal dari kata science sedangkan pengetahuan berasal dari kata knowledge. 

2. Dari asal kata tersebut dapat diartikan bahwa ilmu memiliki sistem yang telah terukur dari sebuah pengetahuan yang telah terklasifikasi. Oleh karena itu, sebuah ilmu dapat dipertanggung jawabkan akan kebenarannya. Sedangkan pengetahuan merupakan sebuah pengetahuan yang belum tersusun secara sistematis seperti layaknya ilmu, baik pengetahuan mengenai fisik ataupun metafisika. 

3. Pengetahuan memiliki informasi yang bersifat dan berdasarkan akan akal sehat atau commonsense, sedangkan sebuah ilmu tahapannya lebih tinggi dari sebuah akal sehat. Karena ilmu telah memiliki metode serta mekanisme untuk membuktikan informasi yang berdasarkan akal sehat tersebut. 

4. Jika bisa menganalogikan antara ilmu dan pengetahuan, maka ilmu bisa dianalogikan dengan sebuah sapu lidi yang telah terikat dan tersusun rapi dengan potongan yang seragam. Akan tetapi, pengetahuan jika dianalogikan masih berupa sapu lidi yang belum jadi. Masih berupa lidi yang belum diolah, belum disusun dan dirapikan serta masih berserakan, sehingga dibutuhkan sebuah metode untuk merangkumnya menjadi sebuah kesatuan sapu lidi yang apik. 

5. Perbedaan selanjutnya adalah untuk ilmu karena telah memiliki metode dalam membuktikan kebenarannya maka ilmu bersifat lebih objektif, berbanding terbalik dengan pengetahuan yang bersifat subjektif karena masih berdasarkan dari akal sehat manusia. 

Walaupun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan, akan tetapi keberadaan keduanya tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Sehingga ilmu dan pengetahuan akan menjadi satu kesatuan demi sebuah kemajuan berpikir manusia. Demikianlah beberapa perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.