Perbedaan Hacker Dan Cracker Secara Umum Dalam Ilmu Komputer

Perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer ini memang harus kita ketahui sehingga kita tidak salah dalam mengartikan keduanya. Dalam keseharian kita, seringkali orang salah dalam mengertikan istilah hacker dan cracker ini. Padahal seorang hacker yang sering disebut-sebut sebagai penjahat cyber ini terkadang justru membantu sebuah sistem di internet dan menyelamatkannya. Sehingga sebutan hacker belum tentu bisa disebut sebagai penjahat.
perbedaan hacker dengan cracker,pengertian hacker dan cracker,pdf,beda hacker dan cracker,cara kerja,

Sebelum menyimpulkan, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut hacker dan cracker itu. Hacker yang sering disebut sebagai penjahat ini adalah orang atau sekelompok orang yang bekerja untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam komputer, namun kemudian memberikan gagasan baru sehingga sistem tersebut akan aman terhadap segala gangguan dari luar.

Sedangkan Cracker adalah orang yang melakukan pekerjaan untuk mencari kelemahan sebuah sistem dalam internet kemudian ia menggunakannya untuk kepentingannya sendiri dengan mencuri data, menghapus data, merusak data dan hal lain yang merugikan. Setelah kita ketahui apa yang disebut dengan hacker dan apa yang disebut dengan cracker, maka kita bisa menyimpulkan perbedaan dari keduanya adalah sebagai berikut.

1. Kerja hacker yang menyusup dalam sebuah situs dari internet ini disertai dengan kemampuan menganalisa situs tersebut sehingga tidak membuat situs menjadi rusak. Kebanyakan dari mereka bekerja untuk menguji sebuah sistem apakah berjalan dengan baik dan mereka akan memberitahukan kelemahan sistem tersebut dan bahkan memberinya solusi. Sedangkan cracker bekerja dengan membuat sebuah program sehingga situs yang ia masuki akan rusak karenanya dan tujuannya adalah untuk kepentingannya pribadi. Sebagai contoh adalah pada pencurian kartu kredit, pembobolan rekening pada Bank, virus dan juga pencurian password e-mail dan lain-lain.

2. Perbedaan hacker dan cracker selanjutnya adalah bahwa seorang hacker ini memiliki ide kreatif yang justru bisa sangat bermanfaat untuk sebuah situs atau perusahaan. Dan program yang dirancangnya ini dapat berguna untuk siapa saja, sehingga tidak bersifat merusak. Namun seorang cracker akan membuat sebuah ide yang bagus tetapi merugikan pihak lain dan menguntungkan baginya, seperti pada kasus carding atau pembobolan kartu kredit yang sering terjadi saat ini.

3. Hacker yang memiliki banyak ide dan ilmu yang kreatif ini selalu rela berbagai dengan siapa saja yang membutuhkan ilmu tersebut, dan ia juga selalu memperdalam dan memperbanyak ilmunya tentang sistem operasi sehingga ia selalu selangkah lebih di depan dari para pemegang perusahaan atau pemilik situs. Namun para cracker selalu bersembunyi dan pelit dalam berbagi ilmu, dan ia memiliki channel dalam IRC yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. Cracker juga memiliki IP address yang sangat sulit di lacak.

Nah, demikian tadi perbedaan hacker dan cracker dalam ilmu komputer