Perbedaan Gaung dan Gema Lebih Mudah Dipahami dengan Praktek

Mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui perbedaan gaung dan gema. Keduanya hampir serupa tapi tak sama. Bagi yang dulu pernah belajar fisika tentang getaran dan gelombang pasti tahu perbedaan antara keduanya bukan? Atau malah sudah lupa? Intinya, gema dan gaung merupakan sebuah jenis bunyi pantul. Apakah yang menjadi perbedaan dari keduanya? Anda akan menemukannya setelah membaca penjelasan yang kami berikan dengan teliti dan memahaminya dengan baik. Anda penasaran dengan perbedaan antara keduanya? Langsung saja kita lihat apa saja perbedaannya berikut ini. 
Perbedaan Gaung dan Gema Lebih Mudah Dipahami dengan Praktek,

Kita mulai dari pengertian gaung dan gema terlebih dahulu sebelum berlanjut mencari perbedaan diantara keduanya. Gema merupakan sebuah bunyi pantulan yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli terjadi. Hal ini terjadi apabila dinding pemantulnya berada saling berjauhan. Sedangkan gaung merupakan sebuah bunyi pantul yang hanya sebagian terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli yang menjadikan bunyi aslinya terdengar tidak jelas. Jadi, sekarang pastinya Anda sudah mulai paham apa itu gaung dan apa itu gema bukan? Selanjutnya mari kita cari tahu perbedaan gaung dan gema. 

Sebenarnya bunyi atau suara itu dapat merambat melalui berbagai medium yaitu bisa melalui berbagai benda baik cair, padat, ataupun gas. Seperti yang kita tahu bahwa gaung merupakan sebuah pantulan bunyi yang menyebabkan bunyi aslinya tidak jelas. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang berada dalam sebuah ruangan dan mengeluarkan bunyi serta bunyi tersebut dipantulkan oleh dinding-dinding ruangan dan menjadikan bunyi suaranya menjadi tidak jelas itulah yang disebut dengan gaung. Sebagai contoh, misal Anda mengucapkan bunyi “me-ma-sak” maka bunyi yang terdengar dapat berupa “me-bunyi tidak jelas-sak”. Agar lebih mudah membedakannya Anda dapat mempraktekkannya sendiri dalam sebuah ruangan kosong dan Anda mengeluarkan bunyi berbagai kata. 

Sedangkan gema sendiri dapat terjadi ketika Anda berada dalam sebuah gunung dan menemui sebuah tebing di sekitar lerengnya. Anda dapat mencoba berteriak sekeras mungkin dan Anda nantinya akan mendengar seolah ada yang menirukan suara teriakan yang Anda buat. Nah, itulah yang disebut dengan gema. Gema merupakan bunyi pantulan yang terjadi setelah Anda mengeluarkan bunyi asli. Ketika Anda jalan-jalan ke gunung, Anda dapat membuktikan hal ini dengan melakukan bunyi teriakan dengan menyebut nama seseorang atau nama benda pada sebuah lereng yang terdapat tebingnya. 

Jadi, perbedaan antara gaung dan gema tentu telah Anda ketahui bukan? Gaung merupakan pantulan bunyi yang terjadi hampir bersamaan dengan bunyi aslinya sehingga menjadikan bunyi asli tidak jelas. Sedangkan gema merupakan bunyi pantulan yang terdengar setelah bunyi asli selesai diucapkan. Dengan mengetahui perbedaan gaun dan gema sekarang Anda tentu memiliki pengetahuan baru tentang hal ini bukan? Semoga apa yang kami berikan bermanfaat untuk Anda dalam mengetahui perbedaan antara gaung dan gema.