Perbedaan Candi Hindu dan Budha yang Mudah untuk Anda Pahami

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang tidak mengetahui perbedaan Candi Hindu dan Budha? Jika iya, maka simak uraian berikut yang akan membagikan informasi mengenai perbedaan dari Candi Hindu dan juga Candi Budha. Candi adalah salah satu bangunan peninggalan sejarah yang berkaitan erat dengan budaya, peradaban dan juga agama pada masa itu. Indonesia memiliki banyak candi yang tersebar di berbagai daerah. Candi-candi tersebut terbagi atas 2 kelompok berdasarkan keagamaannya, di antaranya yaitu Candi Hindu dan juga Candi Budha.
perbedaan candi jateng dan jatim,persamaan candi hindu dan budha,contoh candi hindu dan budha,agama hindu dan budha,kerajaan hindu dan budha,

Kedua candi ini ternyata tidak hanya berbeda dari sisi keagamaannya saja tetapi juga memiliki perbedaan lainnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui perbedaan antara Candi Hindu dan Candi Budha, ini dia perbedaannya yang dapat Anda ketahui:

- Bagian-bagiannya
Candi Hindu dan Candi Budha masing-masing terdiri dari 3 bagian. Untuk Candi Hindu, bagian-bagiannya antara lain yaitu Bhuloka yang merupakan lambang kehidupan di dunia, Bhurvaloka sebagai lambang penantian dan juga Svarloka yang berarti kehidupan para dewa. Sedangkan Candi Budha sendiri terdiri dari Kamadhatu yang merupakan lambang dari perjalanan hidup manusia. Kemudian Rupadhatu yang merupakan gambar dari hawa nafsu manusia dan juga Arupadhatu yaitu kehidupan manusia yang telah meninggal.

- Bentuk
Jika dilihat dari bentuknya, Candi Hindu dan Candi Budha memiliki perbedaan yang sangat terlihat jelas. Candi Hindu memiliki bentuk yang umumnya tinggi dan menjulang, sedangkan Candi Budha memiliki bentuk yang lebih datar.

- Stupa
Jika Anda berkunjung ke Candi Hindu, Anda tidak akan menemukan stupa. Begitu juga sebaliknya, Anda akan menemukan stupa jika berkunjung ke Candi Budha.

- Arca
Untuk Candi Hindu, arca yang digunakan yaitu patung Dewa Trimurti (Brahma, Wisnu, Siwa, Durgamashisaramardini, Ganesha dan Agastya). Sedangkan arca yang digunakan untuk Candi Budha yaitu kelompok Dyani Budha dan juga Dyani Bodhisatwa.

- Fungsi
Jika dilihat dari fungsinya, Candi Hindu sering digunakan sebagai tempat untuk memakamkan raja, menyimpan dan juga pembakaran jenazah. Sedangkan fungsi dari Candi Budha sendiri yaitu hanya digunakan untuk memuja dewa-dewa saja.

- Penggambaran cerita
Candi Hindu biasanya menggunakan relief untuk penggambaran cerita dari Ramayana dan juga Krisnayana. Sedangkan Candi Budha menampilkan Lelitavistara dan juga Avadana atau Jataka.

Itulah beberapa perbedaan yang cukup jelas terlihat untuk Candi Hindu dan Candi Budha. Setelah membaca ulasan tersebut tentu Anda akan lebih mudah mengetahui apakah candi yang Anda lihat adalah Candi Budha atau Candi Hindu. Contoh dari Candi Hindu yang ada di Indonesia antara lain yaitu Candi Prambanan, Candi Cangkuang, Candi Panataran, Candi Gedong Songo dan Candi Dieng. Sedangkan contoh Candi Budha antara lain yaitu Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Jago, Candi Sewu dan Candi Sanggrahan. Sekian dan semoga informasi perbedaan Candi Hindu dan Budha ini dapat membantu Anda dalam membedakan candi menurut keagamaan.