Perbedaan Biografi dan Autobiografi Dari Pengertiannya

Apa perbedaan biografi dan autobiografi? Sering kali banyak orang yang membingungkan antara biografi dan autobiografi. Kedua hal ini memang saling berkaitan dan berdasarkan pengejaan memang hampir sama, namun apakah perbedaan dari biografi dan autobiografi tersebut? Biografi merupakan riwayat atau kisah kehidupan seseorang atau tokoh yang telah ditulis orang lain. Biografi sendiri ditulis berdasarkan berbagai macam tujuan, termasuk sebagai prosa naratif ekspositoris maupun prosa faktual dengan mengungkapkan fakta-fakta yang nyata. Adapun tujuan dari biografi itu sendiri adalah memberikan informasi kepada pembaca mengenai layar belakang dari kehidupan tokoh mulai sejak kecil sampai mencapai kariernya.
pengertian biografi dan otobiografi,perbedaan biografi dan auto biografi,dengan autobiografi,dalam bahasa sunda,contoh biografi dan autobiografi,

Lalu, apa yang dimaksud dengan autobiografi? Autobiografi merupakan biografi yang telah ditulis seorang tokoh mengenai perjalanan kehidupannya secara pribadi yang pernah dialami. Biasanya autobiografi ini sendiri ditulis sejak masa kecil hingga masa yang ditentukan penulis itu sendiri. Penulis autobiografi sendiri biasanya mengandalkan dari berbagai macam dokumen yang disesuaikan dengan memori dari sang penulis tersebut. Bahkan di negara-negara yang maju, riwayat hidup dalam bentuk buku ini merupakan sebuah karya sastra menarik yang bisa dikaji kembali. Berdasarkan Sallie Mcfaqua, autobiografi beserta tulisannya harus dinikmati dan diperhatikan sebab di dalamnya ada sebuah kisah nyata sesuai kehidupan penulisnya. 

Melalui KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia online, biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang dituangkan ke dalam sebuah kertas atau buku yang ditulis oleh orang lain. Sementara autobiografi merupakan riwayat pribadi sendiri yang ditulis oleh pemilik biografi tersebut. Sementara berdasarkan Wikipedia, biografi yaitu kisah mengenai kehidupan seseorang. Di mana, biografi ini tergolong lebih kompleks dibandingkan data-data dari pekerjaan seseorang, atau tanggal lahir dan matinya seseorang, biografi juga menceritakan perasaan yang ikuti terlibat ketika mengalami kejadian yang telah di alami tokoh tersebut. Sementara autobiografi, menurut Wikipedia merupakan biografi yang dituangkan langsung oleh subjeknya atau tokoh yang dimaksud. 

Secara garis besar, bisa disimpulkan perbedaan biografi dan autobiografi berikut ini:

1. Data-data atau informasi yang terdapat pada sebuah biografi ini dituangkan oleh orang lain yang mengandalkan dokumen penting, memanfaatkan narasumber atau studi literatur yang mengungkapkan fakta-fakta atau peristiwa yang terjadi pada subjeknya. Sementara informasi dari biografi seorang tokoh ini akan memberikan motivasi, sejarah penting dan hikmah bagi para pembacanya. Subjek pada penulisan biografi ini lebih mengarah pada tokoh-tokoh terkenal dengan jasa-jasa dan pemikirannya. 

2. Sementara autobiografi sendiri ditulis atau dituangkan oleh diri sendiri beserta pengarang lainnya sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh tokoh tersebut dalam kehidupannya. Isinya berupa informasi tentang tahapan kehidupannya, mulai dari masa-masa sulit hingga puncak keberhasilannya.
Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan biografi dan autobiografi yang wajib kita ketahui!