Penting! Ini Dia Perbedaan Cek dan Bilyet Giro

Perbedaan cek dan bilyet giro penting untuk Anda ketahui, tentunya demi kepentingan Anda sendiri. Jangan sampai Anda keliru atau salah dalam menggunakan surat-surat berharga tersebut. Seperti yang Anda ketahui, cek dan juga bilyet giro merupakan surat-surat berharga yang sering digunakan. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki profesi sebagai pengusaha dan memiliki sejumlah tabungan di bank. Baik cek ataupun bilyet giro, keduanya adalah surat berharga yang akan sering digunakan dalam melakukan transaksi. 
perbedaan deposito dan tabungan,ciri-ciri uang palsu,(bg),pengertian,contoh cek dan bilyet giro,sumber-sumber dana bank,wikipedia,

Cek dan juga bilyet giro memiliki perbedaan mendasar jika dilihat dari pengertiannya. Pengertian dari cek yaitu surat perintah yang ditujukan kepada bank dan dibuat oleh nasabah bank tersebut. Cek ini berisi perintah untuk melakukan pembayaran secara tunai untuk pihak ketiga yang tertera dalam surat berharga (cek) tersebut. Sedangkan pengertian dari bilyet giro sendiri yaitu surat perintah yang ditujukan kepada bank dari nasabah bank dengan tujuan untuk pemindah bukuan. Pemindah bukuan tersebut ditujukan kepada pihak ketiga yang nama dan nomor rekeningnya disebutkan dalam surat berharga (bilyet giro) tersebut.

Perbedaan cek dan bilyet giro tidak hanya pada pengertiannya saja tetapi juga memiliki perbedaan lainnya. Berikut adalah beberapa perbedaan dari cek dan bilyet giro yang dapat Anda ketahui:

1. Sifat
Cek merupakan surat berharga yang dapat diuangkan secara tunai pada bank yang ditunjuk. Sedangkan bilyet giro sendiri merupakan surat berharga yang tidak dapat diuangkan secara tunai.

2. Pembayaran
Jika dilihat dari cara pembayarannya, pembayaran yang menggunakan cek bisa dilakukan atas unjuk dari bank tertentu. Sedangkan pembayaran menggunakan bilyet giro haruslah dilakukan oleh pihak ketiga yang namanya terdapat atau tertera pada bilyet giro tersebut.

3. Bea materai
Jika menggunakan cek, maka pihak penarik akan dikenakan bea materai. Tetapi jika menggunakan bilyet giro maka pihak penarik tidak akan dikenakan bea materai alias gratis.

4. Tanggal berlaku
Untuk surat berharga cek, terdapat istilah yaitu cek mundur atau tanggal berlakunya yang dapat diperpanjang. Cek mundur ini dapat terjadi jika kedua belah pihak setuju atau sepakat atas hal tersebut. Sedangkan untuk surat berharga bilyet giro, terdapat tanggal berlaku dan juga tanggal efektif surat perintah yang bersangkutan.

5. Tanggal penyerahan
Jika menggunakan cek, pihak bank tidak dapat menguangkan surat berharga tersebut jika belum ada tanggal penerbitan pada surat perintah tersebut. Sedangkan bilyet giro dapat secara langsung diserahkan oleh pihak bank walaupun belum mencapai tanggal efektif. Dengan syarat jika tanggal efektif tersebut lebih awal dibandingkan tanggal penerbitan dari bilyet giro tersebut.

Itulah perbedaan yang dapat Anda ketahui dari cek dan juga bilyet giro. Bagi Anda yang memiliki tabungan di bank dan sering melakukan transaksi maka penting bagi Anda mengetahui perbedaan dari cek dan bilyet giro. Dengan begitu Anda tidak akan salah atau keliru dalam menggunakan kedua surat berharga tersebut. Demikian mengenai perbedaan cek dan bilyet giro, semoga dapat bermanfaat.