Inilah Perbedaan Bangsa dan Negara Yang Wajib Kita Ketahui

Perbedaan bangsa dan negara apa sih? Seringkali kita menyebut atau bahkan mendengar kedua kata tersebut. Karena bangsa maupun negara termasuk 2 kata yang tidak dapat dipisahkan. Sehingga banyak persepsi yang mengatakan bahwa bangsa dan negara merupakan kedua kata yang sama artinya. Padahal, kedua kata tadi termasuk kata-kata yang memiliki perbedaan arti meskipun memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya. Jika Anda ingin mengetahui apa perbedaan dari keduanya ini, sebaiknya kita simak ulasan pengertian bangsa dan negara terlebih dahulu.
perbedaan bangsa dengan negara,bangsa dan negara manfaat,pengertian bangsa dan negara,secara umum,menurut para ahli,hakikat bangsa dan negara,makalah hakikat bangsa dan negara,pdf,

Berdasarkan pengertiannya sendiri, bangsa adalah sekelompok dari manusia yang berjumlah sangat banyak dan besar yang menempati sebuah wilayah tertentu. Sementara, negara sendiri merupakan sebuah organisasi yang cakupannya terdiri dari sekelompok orang di suatu wilayah dengan fungsi untuk memiliki dan mengatur kekuasaan terhadap wilayah tersebut. Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa bangsa adalah individu sekaligus keturunannya yang menempati sebuah wilayah yang disebut negara serta mengakui terdapatnya kekuasaan pada negara yang ditempatinya tersebut. 

Negara sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah wilayah yang di dalamnya terdapat pemerintahan mutlak serta menaungi individu-individu di dalamnya, yang menempati wilayah tersebut. Perbedaan bangsa dan negara juga bisa dicermati melalui ciri-ciri antara keduanya, yakni bangsa hanya sebuah kumpulan individu, sementara negara sendiri memiliki cakupan yang lebih besar sebagai sebuah organisasi dengan struktur organisasi yang teratur di dalamnya. Bangsa tidak mempunyai kekuasaan yang digunakan untuk mengatur dengan mutlak, berbeda dengan negara yang justru berhak mengatur atau memiliki kekuasaan untuk mengatur setiap masyarakatnya dengan syarat yang mutlak.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa kedudukan negara sebenarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan bangsa. Hal ini dikarenakan, negaralah yang mengatur setiap tindakan yang dilakukan bangsanya. Bangsa sendiri bisa terikat dalam satu adat istiadat, ras, bahasa serta identitas yang menjadikannya sebagai satu bangsa dengan satu kesamaan. Hal ini berbeda dengan negara yang sifatnya tak dapat terikat hanya dalam satu identitas tertentu, adat istiadat, bahasa dan ras. Sehingga, bisa dikatakan bahwa sebuah negara bisa memiliki beraneka ragam bahasa, identitas, adat istiadat dan ras yang terdapat di dalamnya. 

Bangsa tentu harus menurut dan tunduk atas kedaulatan dalam negaranya sebagai organisasi yang memiliki kekuasaan tertinggi. Sehingga bangsa sendiri sifatnya terikat kepada negara berikut pemerintahannya. Berbeda dengan negara yang mempunyai legitimasi yang berkewajiban memaksa atau mengatur masyarakat secara mutlak. Negara sendiri tentunya mempunyai suatu bangsa dan bangsa itu tidak mempunyai negara. Karena kumpulan dari bangsa-bangsa membentuk suatu negara. Seperti halnya negara Indonesia, yang memiliki beragam budaya, adat istiadat, ras, suku bangsa, atau identitas bangsa yang lainnya. Nah, bagaimana sudah tahu kan perbedaan bangsa dan negara?