Inilah 4 Perbedaan Cucak Ijo Jantan dan Betina

Apakah Anda sedang mencari tahu mengenai perbedaan cucak ijo jantan dan betina? Cucak ijo memang merupakan jenis burung yang sedang populer saat ini. Banyak orang yang jatuh hati terhadap burung yang memiliki bulu berwarna hijau ini. Walaupun ada banyak sekali jenis burung yang ada saat ini, cucak ijo mampu mencuri hati banyak orang. Tidak hanya bagi para pecinta burung saja yang berusaha memburu cucak ijo. Burung cucak ijo ini memang sedang banyak diburu karena warnanya yang cantik dan kicaunya yang merdu.
perbedaan cucak ijo kalimantan dan banyuwangi,murai jantan dan betina,kacer jantan dan betina,harga cucak ijo,pleci jantan dan betina,

Membahas mengenai kicau burung cucak ijo, jenis kelamin sangat mempengaruhi nyanyian atau kicauan burung ini. Burung cucak ijo jantan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam berkicau jika dibandingkan dengan cucak ijo betina. Oleh sebab itu, cucak ijo jantan lebih banyak diminati ketimbang cucak ijo betina. Banyak orang yang memilih jenis kelamin terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli burung cucak ijo ini. Bagi Anda yang tertarik dengan burung cucak ijo, segera belilah burung cucak ijo. Namun dalam membeli sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri dari cucak ijo jantan dan juga betina. 

Jika Anda mengetahui perbedaan cucak ijo jantan dan betina, Anda tidak akan mudah tertipu ataupun salah memilih. Ini dia perbedaan yang dapat dilihat dari cucak ijo jantan ataupun cucak ijo betina:

1. Lingkar mata
Jika cucak ijo sudah memasuki usia dewasa biasanya akan terlihat perbedaan pada lingkar mata. Untuk cucak ijo jantan akan memiliki lingkar mata yang berwarna kuning tegas. Sedangkan untuk cucak ijo jenis betina akan memiliki lingkar mata yang berwarna putih.

2. Paruh bawah
Pada bagian paruh bawah cucak ijo jantan akan memiliki warna cokelat gelap. Dan untuk cucak ijo betina akan memiliki warna putih bersih.

3. Tulang supit
Cucak ijo jantan akan memiliki tulang supit yang kaku dan juga keras, sedangkan betina akan terasa sedikit lentur serta bergeser ke kanan atau ke kiri.

4. Leher
Pada usia 4 sampai 6 bulan, burung cucak ijo betina akan memiliki warna leher yang tampak kuning. Warna kuning tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi putih kehijauan. Sedangkan burung cucak ijo jantan akan memiliki warna kuning yang lama-kelamaan akan berubah warna menjadi hitam. 

Itulah beberapa perbedaan yang dapat Anda ketahui untuk membedakan apakah burung cucak ijo yang Anda lihat adalah jantan atau betina. Memilih jenis kelamin burung cucak ijo ini memang cukup penting Anda lakukan jika Anda ingin membeli burung cucak ijo yang pandai bernyanyi. Mendengar burung bernyanyi memang mampu memberikan suasana yang nyaman dan tenteram. Untuk membedakan burung cucak ijo sebaiknya jangan dilihat dari suaranya. Suaranya akan terdengar mirip, Anda akan kesulitan dalam mencari perbedaan cucak ijo jantan dan betina melalui suaranya.