Ini Dia Perbedaan Dikotil dan Monokotil Pada Akar, Batang dan Bunga

Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai perbedaan dikotil dan monokotil. Istilah dikotil dan juga monokotil merupakan istilah yang sering digunakan dalam bidang keilmuan. Istilah ini digunakan untuk membedakan tumbuhan dari jenis bijinya. Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan yang memiliki biji berkeping atau belah 2. Sedangkan tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang bijinya hanya memiliki 1 keping saja. Seperti nama yang diberikan yaitu di yang berarti 2 sedangkan mono berarti satu. Jadi untuk mengingatnya, Anda dapat mengingatnya secara mudah dari nama yang diberikan.
perbedaan akar dikotil dan monokotil beserta gambar,secara anatomi,morfologi,beserta gambarnya,struktur batang dikotil dan monokotil,dalam hal ikatan pembuluhnya,

Tumbuhan dikotil dan monokotil memiliki perbedaan, apa saja perbedaan dari tumbuhan dikotil dan monokotil tersebut? Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil, simak ulasan berikut ini:

- Bentuk akar
Tumbuhan dikotil mempunyai sistem akar tunggang sedangkan tumbuhan monokotil mempunyai sistem akar serabut.

- Bentuk pola tulang atau sumsum daun
Untuk tumbuhan monokotil biasanya memiliki bentuk sumsum ataupun pola tulang daun yang sejajar atau melengkung. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki bentuk pola tulang daun yang menjari atau menyirip.

- Tudung akar atau kaliptrogen
Perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil selanjutnya dapat dilihat dari tudung akarnya. Untuk tumbuhan monokotil akan memiliki atau terdapat tudung akar ataupun kaliptrogen. Sedangkan tumbuhan dikotil sendiri tidak memiliki atau tidak terdapat tudung akar.

- Jumlah keping biji
Sama seperti nama yang diberikan, tumbuhan dikotil memiliki 2 keping biji dan tumbuhan monokotil hanya memiliki satu keping biji.

- Kandungan yang terdapat pada batang dan akar
Jika dilihat dari kandungan yang dimiliki pada batang dan juga akar, akan terlihat apakah terdapat kandungan kambiumnya atau tidak. Tumbuhan monokotil tidak mengandung kambium sedangkan akar dan batang tumbuhan dikotil akan mengandung kandungan kambiumnya.

- Jumlah kelopak bunga
Beralih membahas mengenai kelopak bunga, tumbuhan memang tidak hanya terdiri dari batang dan akar saja. Untuk tumbuhan monokotil, biasanya jumlah kelopak bunganya merupakan kelipatan dari 3. Contohnya saja seperti 6, 9, 12, 15 dan seterusnya. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki jumlah kelopak bunga yang biasanya berupa kelipatan dari 4 atau 5. 

- Pelindung akar dan juga batang lembaga
Perbedaan lain dari tumbuhan dikotil dan monokotil yaitu terdapat pada pelindung akar dan batangnya. Untuk tumbuhan dikotil tidak memiliki pelindung berupa koleoptil ataupun koleorhiza. Sedangkan tumbuhan monokotil memiliki pelindung akar dan juga batang lembaga.

- Pertumbuhan akar dan batang
Tumbuhan monokotil memiliki akar dan batang tidak tumbuh berkembang dan membesar. Sedangkan tumbuhan dikotil mampu tumbuh dan berkembang serta membesar.

Itulah perbedaan dari tumbuhan dikotil dan juga monokotil yang dapat Anda ketahui. Tumbuhan dikotil dan juga tumbuhan monokotil memang merupakan tumbuhan yang sangat berbeda. Tumbuhan yang tingkatannya paling maju serta mampu bertahan hidup pada berbagai keadaan adalah tumbuhan monokotil. Sekian ulasan yang dapat disampaikan mengenai perbedaan dikotil dan monokotil.