Ini Dia Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder Sebagai Bahan Pengembang Kue

Apa sih perbedaan baking soda dan baking powder? Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu satu per satu ya. Baking soda dan baking powder keduanya ini memang sangat berperan penting dalam dunia dapur, khususnya dalam pembuatan kue. Biasanya baking soda maupun soda kue ini digunakan ketika membuat adonan untuk kue, ada yang menggunakan salah satunya dan ada juga yang menggunakan keduanya (baking soda dan baking powder). Antara baking soda maupun baking powder memang sekilas tak bisa dibedakan satu sama lain. Karena untuk adonan kue sendiri kedua bahan ini sama-sama digunakan sebagai pengembang adonan.
perbedaan baking soda dan baking powder untuk wajah,untuk kecantikan,baking powder dengan soda kue,beda baking soda dan baking powder,

Pengembang kue sendiri sebenarnya dibagi menjadi berbagai macam jenis, yakni pengembang kimiawi dan pengembang organik. Keduanya ini memiliki perbedaan tersendiri, dimana pengembang organik sendiri melibatkan kinerja dari mikroorganisme, sementara pengembang kimiawi bekerja melalui zat-zat kimia di dalamnya. Namun, kita tak akan membahas lebih jauh mengenai pengembang organik dan kimiawi ini, kita hanya akan membahas tentang pengembang kimiawi yakni baking soda dan baking powder.

Untuk perbedaan baking soda dan baking powder, kita bisa membahas satu persatu jenis pengembang kue ini, yakni sebagai berikut:

1. Baking Powder
Baking powder ini terbuat dari sodium bikarbonat yang dicampur dengan pengemulsi dan sodium asam pirofosfat. Bahan baku sodium asam pirofosfat sendiri memiliki sifat asam lemah. Jadi, meskipun Anda menggunakannya pada adonan yang tak mengandung bahan asam, maka kue akan tetap mengembang sempurna. Adapun kelebihannya adalah baking powder ini tidak mempengaruhi rasa pada kue sebab kadar dari sodium bikarbonatnya tergolong lebih rendah daripada soda kue. Baking Powder sendiri terdiri dari 2 macam, yakni single acting dan double acting.

• Single acting, yaitu sebagai soda kue yang akan bereaksi setelah tercampur cairan ketika pencampuran adonan. Jadi perbedaannya dengan soda kue adalah, baking powder ini cukup membutuhkan cairan saja agar bereaksi karena telah mengandung asam di dalamnya. Berbeda dengan soda kue yang membutuhkan bahan asam dan cairan untuk bereaksi.

• Double acting, merupakan baking soda dengan senyawa kompleks. Baking powder yang satu ini memiliki reaksi yang tidak lama, juga gas CO2 yang dihasilkan hanya sedikit. Sehingga dengan adonan yang memakai baking powder ini tak perlu dikukus atau dipanggang segera, dan cocok untuk adonan yang membutuhkan proses fermentasi.

2. Baking Soda
Baking soda atau soda kue merupakan pengembang dari sodium bikarbonat yang murni tanpa adanya campuran dari bahan lainnya. Sodium bikarbonat dari soda kue ini nantinya beraksi dengan senyawa asam lalu menghasilkan gelembung gas CO2 pada adonan kue. Reaksi pengembang dari baking soda tergolong lebih cepat dan tak memerlukan waktu lama. Sehingga jika diberikan baking soda sebaiknya adonan segera dimasukkan ke proses berikutnya. 

Dapat disimpulkan bahwa baking soda maupun soda kue bias digunakan pada adonan kue seperti mentega, yoghurt, telur, susu dan lainnya. Sementara untuk menggantikannya dengan bahan pengembang baking powder, maka Anda harus melakukan trial terlebih dahulu dengan takaran yang akan digunakan sebab hasil yang didapat tentu berbeda. Demikianlah pembahasan perbedaan baking soda dan baking powder, semoga bermanfaat!