Ini Dia Perbedaan Bacan Doko dan Palamea Lengkap!

Perbedaan bacan doko dan palamea banyak diperbincangkan para pencinta batu akik. Batu akik memang sudah semakin populer akhir-akhir ini, bahkan kepopuleran batu akik di masyarakat Indonesia sendiri tak pernah surut. Salah satu batu akik yang paling populer di Indonesia adalah batu akik bacan. Batu bacan merupakan batu asli yang tak hanya memiliki kharismatik tersendiri dari desain dan corak warna batunya, melainkan juga tak pernah terlepas dari khasiat dan manfaatnya yang dipercaya pencinta batu akik. Batu bacan sebenarnya memiliki 3 jenis batu, yakni batu bacan doko, batu bacan palamea dan batu bacan obi. 
acan palamea,perbedaan bacan dan garut,bacan obi,batu bacan doko dan palamea,termahal,blue elektrik,hitam,cincau,

Namun, pada artikel kali ini kita hanya akan membahas perbedaan bacan doko dan palamea saja, karena ada banyaknya permintaan mengenai perbedaan kedua jenis batu akik bacan ini. Adapun perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya adalah sebagai berikut:

1. Asal Muasal
Batu bacan doko sendiri, memiliki nama yang diadopsi dari tempatnya pertama kali ditemukan yakni di Desa Doko, Kecamatan Bacan Barat Halmahera, Maluku Utara. Adapun kualitas batu bacan doko ini yang langsung ditambang di desa Doko sendiri terbilang cukup bagus. Batu bacan doko memiliki warna ciri khas hijau basah. Batu bacan doko dibentuk dari hasil fosil pada pohon dan karang yang tumbuh di area sekitar sungai di sana. 

Sementara untuk batu bacan palamea sendiri banyak dijumpai di desa Palamea, tepatnya di Kecamatan Bacan Barat Halmahera. Warna dari batu bacan ini biasanya berwarna hijau kebiruan. Setiap penambang yang berada di desa Palamea ini harus bekerja keras demi mendapatkan batu cincin ini karena bacan Palamea tergolong sulit untuk didapatkan dibandingkan batu bacan doko. 

2. Warna
Untuk masalah warna sendiri, batu bacan Doko mempunyai warna hijau tua dan hijau bening. Biasanya para pedagang batu akik sendiri lebih menyebutnya dengan warna hijau cincau. Batu bacan Doko ini apabila disenter maka akan terpancar warna hijau cerah yang begitu mempesona. Sementara batu bacan Palamea sendiri memiliki warna hijau kebiruan yang lebih transparan dibandingkan batu bacan doko yang memang memiliki corak warna hijau lumut atau aga gelap. 

3. Ciri Khas
Batu bacan doko sendiri sebenarnya dapat mengalami perubahan warna yang lebih cepat apabila dibandingkan batu bacan palamea. Karena jenis batu ini bisa berubah warna hanya dalam jangka waktu 3-4 bulan saja. Warna doko biasanya akan berubah dari warna yang agak gelap hingga menjadi warna hijau yang cerah. Dengan tingkat kecerahannya inilah yang dapat mempengaruhi harga batu bacan Doko ini. Sedangkan, batu bacan palamea sendiri tergolong lebih lambat dalam hal perubahan warna. Namun meskipun begitu, batu bacan palamea masih menjadi incaran karena memiliki tingkat keeksotisan yang layak dikagumi oleh para pecintanya. 

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan bacan doko dan palamea sebagai jenis batu bacan yang banyak diincar para kolektor batu akik!