Bagaimana Perbedaan Badan Usaha dan Perusahaan?

Perbedaan badan usaha dan perusahaan masih menjadi pertanyaan. Tak sedikit orang yang mempertanyakan perbedaan keduanya, karena memang badan usaha dan perusahaan memiliki cukup banyak kesamaan. Bagi orang awam, tentu badan usaha dan perusahaan sulit sekali dibedakan. Namun, ternyata antara badan usaha dan perusahaan sendiri memang sangat berbeda jauh. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan pengertian dari badan usaha dan perusahaan ini terlebih dahulu.
perbedaan badan usaha dan badan hukum,koperasi dengan badan usaha,lainnya,jenis badan usaha,bentuk bentuk badan usaha,fungsi badan usaha,

1. Perusahaan
Perusahaan adalah sebuah unit usaha dengan berbagai kegiatan pengolahan dalam hal ini berkaitan dengan faktor-faktor produksi sehingga dihasilkan sebuah barang atau jasa, lalu produk tersebut didistribusikan ke masyarakat banyak agar mendapatkan keuntungan. Sehingga perusahaan di sini merupakan tempat tersedianya sumber daya yang dapat memproduksi sebuah barang ataupun jasa. Adapun jenis-jenis perusahaan sendiri terdiri dari perusahaan ekstraktif, perusahaan agraris, perusahaan industri, perusahaan dagang, dan perusahaan jasa.

1. Perusahaan jasa, yaitu perusahaan dengan aktivitas memberikan pelayanan untuk masyarakat melalui penyewaan barang, membantu untuk menyelesaikan pekerjaan, mengantarkan barang atau penumpang agar mendapatkan balas jasa berupa uang. Adapun contohnya yaitu perusahaan swasta, perusahaan transportasi dan telekomunikasi.

2. Perusahaan dagang, yakni perusahaan yang aktivitasnya lebih kepada pembelian barang lalu menjual kembali produk tersebut tanpa mengubah sifat maupun barang tadi demi mendapatkan keuntungan.

3. Perusahaan industri, perusahaan yang mengelola sebuah bahan baku untuk dijadikan barang baru yang bernilai guna. Contohnya, industri minuman, industri obat-obatan, makanan, farmasi hingga perabotan rumah tangga.

4. Perusahaan agraris, yaitu perusahaan yang mencakup kegiatan mengolah produksi dari alam, khususnya melalui pengolahan tanah, contohnya pertanian, dan perikanan.

5. Perusahaan ekstraktif, merupakan perusahaan dengan kegiatan mengambil, mengolah dan menggali kekayaan alam. Contohnya perusahaan gas bumi, penangkapan ikan dan lain sebagainya

2. Badan Usaha
Adapun badan usaha merupakan kesatuan hukum maupun yuridis dengan memanfaatkan faktor produksi demi menghasilkan barang maupun jasa agar mendapatkan keuntungan. Badan usaha sendiri terbagi menjadi beberapa bentuk, seperti badan usaha perorangan, firma, CV (Comanditer Venootscap), dan Perseroan Terbatas (PT). Badan usaha perorangan dikelola dan dimodali oleh perseorangan, contohnya toko baju, warung, dan bengkel. Firma merupakan badan usaha yang dikelola, dan didirikan lebih dari 1 orang. Sedangkan CV adalah pengertian luas dari firma atau badan perseorangan, pemilik usaha ini biasanya akan melakukan penambahan modal melalui sistem kerja sama bersama orang lain, namun mitra tersebut tak harus mengelola dan menjalankan perusahaan. Sementara PT sendiri merupakan badan usaha dengan modal didapat berdasarkan hasil penjualan saham. 

Dapat kita simpulkan bahwa perbedaan badan usaha dan perusahaan berdasarkan hasilnya sendiri adalah badan usaha mengutamakan hasil berupa keuntungan atau laba dan rugi, sementara perusahaan menghasilkan barang dan jasa. Selain itu, badan usaha mempunyai satu perusahaan atau bisa juga lebih dan perusahaan dimiliki oleh sebuah badan usaha. Jadi, perusahaan merupakan bagian dari badan usaha.