Apa Sih Perbedaan Etika dan Moral?

Apa sih perbedaan etika dan moral? Etika dan moral merupakan dua kata yang sudah tak asing lagi di telinga. Secara eksplisit keduanya seringkali dianggap sama. Meski sebenarnya makan kedua kata tersebut berbeda. Secara konseptual, dasar kedua kata tersebut sama yaitu menilai mengenai sesuatu yang dianggap baik dan buruk. Sebelum membahasnya lebih jauh, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian keduanya.
contoh perbedaan etika dan moral,perbedaan etika dan moral menurut para ahli,beserta contohnya,dengan moral,dan norma bisnis,persamaan dan hukum,pengertian,

1. Etika
Etika merupakan cabang ilmu filsafat yang mempelajari mengenai sesuatu yang dianggap baik atau yang dianggap tidak baik (buruk) dan ukuran yang mendasari baik/buruk adalah akal pikiran sendiri. Menurut Dr. Hamzah Y’qub, merumuskan etika merupakan ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akan pikiran. 

2. Moral
Dikutip dari kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata moral memiliki beberapa arti yaitu:

a. Ajaran mengenai baik atau buruknya suatu perbuatan, kewajiban, sikap, akhlak, budi pekerti dan susila.

b. Sebuah kondisi jiwa dimana orang akan selalu berani, semangat, disiplin, dan bergairah atau keadaan dimana perasaan yang dirasakan tertuang dalam perbuatan yang benar.

c. Sebuah pelajaran tentang kesusilaan yang diambil dari sebuah cerita.

d. Sedangkan menurut Moral PN. Masnizah Mohd (2005) menjelaskan bahwa moral menyangkut tentang persoalan yang benar atau salah, sesuatu yang perlu dilakukan dan ditinggalkan atau alasan-alasan tertentu pada suatu keadaan tertentu. Sedangkan etika merupakan studi mengenai bagaimana tingkah laku suatu individu atau golongan bernilai baik atau sebaliknya yang berdampak pada sosial. Singkatnya, moral ialah kebiasaan yang berlaku dalam suatu masyarakat, sesuatu yang diterima oleh masyarakat.

Berdasarkan uraian diatas, berikut ini kesimpulan mengenai perbedaan etika dan moral:

1. Etika merupakan salah satu cabang ilmu filsafat yang mengkaji mengenai nilai yang dianggap baik atau buruk. Sedangkan moral merupakan kebiasaan yang diterima oleh suatu masyarakat.

2. Sumber mendasar etika yang dianggap baik atau uruk adalah akal pikiran sendiri. Sedangkan sumber yang mendasari norma adalah masyarakat itu sendiri.

3. Etika merupakan dasar dari terbentuknya moral suatu masyarakat. Tanpa adanya etika maka moral masyarakat tidak terbentuk. Etika yang berasal dari akal pikiran menjadi dasar masyarakat untuk menerima suatu kebiasaan atau nilai yang muncul baik atu buruk.

4. Etika bersifat filosofis sedangkan moral bersifat praksis.

5. Moral tidak akan terbentuk tanpa adanya etika.

Contoh nyata perbedaan etika dan moral yaitu, sebagai manusia berakal sehat maka berkata baik dan benar adalah hal baik yang disadari oleh semua orang. Dari pemikiran tersebut maka terbentuklah moral masyarakat untuk selalu berkata jujur. Sehingga orang yang suka berbohong akan dianggap tidak bermoral dan mendapatkan sanksi pengucilan dari masyarakat. Demikian ulasan perbedaan mengenai etika dan moral. Semoga dapat membantu dan dapat menambah pengetahuan.